Tutorial ini adalah babak kedua dari tutorial saya sebelumnya Membuat Kuis dengan Quiz Creator. Setelah Anda menginstall Quiz Creator, there maka sekarang saatnya menjalankan program tersebut untuk memulai membuat Kuis.

1. Double klik icon Quiz Creator yang ada di Desktop. Maka akan muncul kotak dialog berikut :

2. Untuk membuat kuis baru Pilihlah Create a New Quiz. Maka akan tampil :

3. Pada gambar di atas ada berbagai macam jenis kuis yang bisa anda pilih. Pada Soal 1 anda ingin membuat soal Pilihan Ganda, thumb maka Pilihlah jenis soal Multiple Choice. Maka akan tampil :

4. Ketikkan soalnya, medicine di kotak Enter the Question,  kemudian isikan pilihannya di kotak Enter The Choice Sekaligus isikan jawaban yang benar pada tombol radio button disebelah kiri jawaban yang benar.

5. Klik OK

Untuk membuat soal ke-2 dengan type soal yang lain, misalnya soal menjodohkan, maka pilihlah type soal Matching dari Toolbar Question. Maka akan tampil :

Seperti pada jenis soal sebelumnya, ketikkan soalnya pada bagian Enter the Question, dan Jawaban di kotak di bawahnya sekaligus jawaban yang cocok. Selanjutnya Klik Ok.

Menyimpan File Quiz

Untuk menyimpan file kuis yang sudah dibuat, Klik Toolbar Save dengan gambar Disket yang ada di bagian atas Baris Judul. Hasil penyimpanan file ini adalah file dengan format .WQC.

Mempublish File Quiz Creator

Untuk menjalankan File hasil Quiz Creator ini, maka harus di-publish terlebih dahulu sehingga menghasilkan format file yang siap dijalankan Secara terpisah (stand alone) dari programnya.

Hasil Publikasi file tersebut adalah :

  • Web (untuk mempublish file quiz menjadi format HTML dan SWF)
  • LMS (untuk mempublish file quiz menjadi format zip yang siap di-upload ke LMS, seperti Moodle)
  • CD/EXE ( untuk mempublish file quiz menjadi format EXE)
  • Word/Excel (untuk mempublish file quiz menjadi format .doc dan .xls)

Setelah di-publish, jalankan file quiz yang berformat HTML dengan mendouble klik file tersebut, atau yang berformat SWF  dengan software GOM Player atau program pemutar file Flash yang lain.

Selamat Mencoba!