Apakah anda suka jalan-jalan? Loh? kok sama dengan saya? 🙂 Kalau anda mau  jalan-jalan, berapa uang yang musti anda persiapkan untuk jalan-jalan? Wuih..banyak bangets..

Kalau saya kok..nggak butuh banyak uang? Bener! Yah, paling-paling Rp. 1000,- (seribu rupiah) aja buat jaga-jaga kalau ban sepeda motor saya kempes..he..he..atau buat beli permen untuk anak saya..

Loh..loh, prolognya kok nggak nyambung se..sama judul postingan?? Begini, kemaren saya habis jalan-jalan, tapi bukan jalan-jalan naik sepeda ke alun-alun atau ke mall loh ya.. tapi jalan-jalan di internet (oalah… 😉 ). Nah, saya menemukan artikel berbahasa inggris yang saya sukai, saya baca, saya praktekkan dan berhasil.. Sekarang saya share pada Anda. Barangkali anda tertarik.. Kalau nggak ya, nggak monggo dilanjut jalan-jalannya… Bagi yang tertarik, lanjutin bacanya, siapa tahu ada uang 100rb nyelip di blog saya ini.. 😛

Kenapa Ubuntu? Yah, Ubuntu adalah operating system dari Distro Linux yang paling populer saat ini. Menurut Distrowatch, Ubuntu menduduki peringkat teratas sebagai distro yang paling banyak digunakan. Proses penginstalan Ubuntu sangat beragam, dari yang menggunakan live CD, menggunakan mesin virtual, penginstalan terpisah lewat windows menggunakan wubi dan yang terakhir adalah Ubuntu portabel.

Terus, apa istimewanya? paling-paling sama dengan proses instalasi Ubuntu biasanya..

Yee..kata siapa? Ubuntu portabel dapat langsung diinstalkan di komputer windows sama halnya dengan menginstal program-program windows yang lain. Tidak ada konfigurasi partisi seperti kebanyakan instalasi ubuntu lainya. Hasilnya Ubuntu akan terinstal perdampingan dengan program windows yang lain.

Jadi setelah proses penginstalan Ubuntu portabel selesai, akan terlihat menubar Ubuntu dibagian atas desktop windows. Kita bisa menggunakan seluruh aplikasi yang ditawarkan, mengkonfigurasi file, menginstal program, sampai dengan menggunakan perintah-perintah shell di terminal.

Ubuntu portabel diharapkan akan mengenalkan dan memudahkan pengguna windows yang awam menggunakan linux khususnya Ubuntu. Pengguna tidak lagi perlu kuatir terhadap kegagalan proses penginstalan, pengaturan partisi atau kehilangan data sekalipun.

Sayangnya, saya tidak berhasil menginstall OS Ubuntu Portable ini di Windows 7. Nah, barangkali dari pembaca ada yang sudah berhasil, monggo dishare di sini..