Sebelum kita menggunakan program ini, website like this maka tahap pertama adalah dengan menginstalnya ke dalam harddisk pada komputer/laptop kita sebelum kita mem-publishnya/menguploadnya secara Online pada hosting yang kita punya. Tujuannya, adalah supaya kita bisa mendesain secara nyaman pada versi offlinenya, sehingga ketika website e-learning ini sudah siap, kita bisa langsung meng-uploadnya.

Pada instalasi kali ini kita akan melakukannya pada laptop/komputer yang sudah terpasang sistem operasi Windows XP dengan menggunakan MoodleWindowsInstaller-latest-19.zip . Anda tidak perlu khawatir dengan versi yang kita gunakan kali ini. Meski bukan versi terbaru, tapi percayalah, bahwa tidak banyak perbedaan yang ada diantara kedua versi tersebut, baik pada tahap instalasinya maupun fitur di dalamnya. Bahkan saya sendiri secara pribadi lebih suka menggunakan yang versi 1.9x… (sebab yang ver. 2.0 agak membingungkan, terutama saat upload filenya..he..he..)

Pada paket MoodleWindowsInstaller-latest-19.zip ini, adalah versi portable yang bisa Anda install baik di hardisk partisi C, D, E atau bahkan di flash disk Anda (sehingga Anda bisa belajar Moodle ini di manapun Anda berada selama Anda mempunyai akses dengan komputer/laptop). Pada paket ini terdiri atas Moodle+Apache+MySQL+PHP.

Baik, marilah kita mulai instalasi Moodle…

1.? Ekstraklah paket Moodle yang telah Anda download ke drive manapun yang Anda suka, Misalnya kita ekstrak ke drive D:Moodle

Isi folder yang sudah diekstrak tersebut adalah :

2. Sebelum menginstall Moodle, kita harus mengaktifkan beberapa program yang telah ada satu paket dengan Moodle. Hal ini di lakukan agar instalasi Moodle bisa berjalan baik. Pertama, Double klik icon Start Moodle untuk memulai instalasi personal web servernya dalam hal ini kita menggunakan Xammp.
Maka akan muncul jendela berikut :

Tunggulah sampai jendela tersebut menghilang dengan sendirinya, pertanda xampp sudah diaktifkan.

3. Sekarang waktunya instalasi Moodle.
Jalankan / bukalah browser yang sudah terinstal di computer Anda, dan ketikkan http://localhost atau langsung ketik localhost dan tekan Enter. Jika berhasil maka akan ditampilkan halaman berikut:

4. Inilah tahap awal instalasi Moodle, Selanjutnya pilihlah bahasa yang akan digunakan. Dalam hal ini kita pilih English (en). Atau anda bisa memilih dengan Bahasa Indonesia.

5. Selanjutnya Klik tombol Next pada bagian bawah halaman. Maka akan tampil halaman berikut:

6. Langsung aja klik Next. Maka akan tampil halaman berikut:

Pengisian alamat web, tempat Folder
Moodle berada dan tempat menyimpan data

7. Selanjutnya tentukan folder tempat penyimpanan data moodle nantinya. Atau Anda bisa langsung melewatinya dengan menekan tombol Next.
8. Isilah password untuk login administrator dan Klik Next.

9. Klik next pada halaman selanjutnya.

10. Klik next pada halaman selanjutnya

11.? Klik Continue pada halaman selanjutnya.

12. Klik Yes pada halaman berikut:

13. Klik Continue pada halaman berikut :

14. Selanjutnya setting database…Tunggu sampai muncul tombol Continue dan Kliklah.

15. Selanjutnya Setting Module Table, Tunggulah sampai muncul tombol continue dan kliklah.

16. Selanjutnya Setting Plugin Table, Tunggulah sampai muncul tombol continue dan kliklah.

17. Lanjutkan dengan mengeklik Continue sampai instalasi selesai dan muncul halaman berikut :

18. Isikan Form di atas, jika sudah lengkap klik tombol Update Profile.

Jika sudah lengkap, klik Save change.
Dan inilah tampilan halaman depan Moodle Anda.

Selanjutnya tugas admin adalah memodifikasi tampilan halaman depan sesuai dengan kebutuhan lembaga. Untuk memulai mengedit halaman depan, tombol “Turn editing on” perlu diklik. Menu pada “Site Administration” dapat digunakan oleh Admin untuk meng-kustomise tampilan depan dan sistem e-learning secara keseluruhan. Contoh halaman depan yang sudah dimodifikasi adalah sbb.
Halaman depan portal e-learning yang sudah di modifikasi.

Selamat mencoba…