Jika anda sudah pernah membuat kuis pilihan ganda dengan menggunakan Ms PowerPoint, tadalafil Anda bisa menambahkan komentar tertentu ketika sebuah jawaban diklik. Misalnya, capsule jika Siswa anda mengeklik jawaban yang benar, website maka akan keluar gambar Smiley dengan Komentar “Good Job“. Dan jika Siswa anda menjawab dengan jawaban yang salah, maka akan keluar Gambar Lucu lain dengan komentar ” Try Again“.

Animation Trigger adalah salah satu fasilitas animasi yang disediakan Ms PowerPoint yang akan menjalankan/menampilkan sebuah animasi tertentu ketika sebuah objek diklik.

Untuk membuatnya, ikuti langkah berikut :

  1. Bukalah Ms Powerpoint dan Buatlah sebuah slide baru
  2. Ketikkan 1 Soal pilihan ganda dengan 5 jawaban. Gunakan Text Box untuk mengetik Tiap Soal dan Masing-masing Pilihan Jawabannya. Misalnya :
    • Proses pentransferan file dari disk ke internet disebut : —> ketik dalam Text Box sendiri
      • Upload —> ketik dalam Text Box sendiri
      • Download —> ketik dalam Text Box sendiri
      • Copying —> ketik dalam Text Box sendiri
      • Installing —> ketik dalam Text Box sendiri
  3. Sisipkan Gambar Lucu (Smiley) dan Shape dengan Teks berisi Tulisan “Good Job!” sebagai komentar, jika siswa anda menjawab pada pilihan yang benar.
  4. Lakukan hal yang sama (langkah 3) untuk membuat animasi yang akan ditampilkan ketika siswa memilih jawaban yang salah.
  5. Langkah Selanjutnya adalah memasang Animasi Trigger pada Gambar dan Shape yang sudah dibuat, supaya gambar dan shape tersebut ditampilkan ketika siswa memilih pilihan jawaban yang benar/salah.
  6. Pertama, kita beri Animasi Trigger untuk tampilan jawaban Benar. Klik Gambar untuk jawaban benar, dan beri animasi Entrance Zoom.
  7. Pada Animation Pane (di sisi kanan jendela), klik tombol Drop down dan Pilih Timing, maka akan muncul kotak dialog :

8. Pilihlah Tab Timing, dan isilah kotak-kotak isian berikut:

  • Start : On Click
  • Delay : 0
  • Duration : Very Fast
  • Repeat : None
  • Triggers -> beri pilihan pada Tombol Start effect on click of  dan pilihlah pada pilihan jawaban apa animasi tersebut akan ditampilkan.
  • Klik OK

9. Selanjutnya beri animasi pada Shape yang berisi Komentar “Good Job!” dengan Effect Entrance Peek In, dan lakukan langkah 7 dan 8 dengan isian Start : After Previous (supaya shape dengan teks komentar “Good Job” akan ditampilkan setelah Gambar Smiley).

10. Klik OK.

11. Selanjutnya, Beri Animasi Exit “Ease Out” pada Gambar  dan aturlah Timingnya sebagai berikut :

Sedangkan untuk Shape dengan Teks “Good Job!” dengan Start : With Previous.

Selesai! Lakukan langkah 6-11 untuk Pilihan Jawaban Salah dengan gambar yang sudah Anda sisipkan pada langkah 4.

Note: Jangan Lupa untuk menon-aktifkan mouse klik dengan menghilangkan tanda cheklist pada pilihan Transition, On mouse Click.

Jika anda tertarik, silahkan download contoh lengkapnya di sini.

Selamat mencoba…. 😉