Moodle portable yang saya maksud ini pasti sama dengan yang anda pikirkan. Ya! Membangun E-Learning menggunakan LMS Moodle yang berisi semua konten pembelajaran yang kita inginkan yang disajikan dalam media E-Learning berbasis Moodle yang bisa diakses secara offline sekaligus bisa diperbanyak dan bisa digendong kemana-mana 😀

Moodle portable ini sangat bermanfaat dan cocok bagi pengguna e-learning (pembelajaran jarak jauh) yang mempunyai keterbatasan akses dan tidak ingin bergantung pada koneksi internet. Moodle portable juga merupakan solusi e-learning yang sangat murah dan mudah diakses oleh siswa karena bisa digandakan dalam bentuk CD-ROM atau bisa juga ditransfer dari/ke dalam flashdisk/Memory Card/Harddisk dan selanjutnya bisa diakses oleh siswa di rumah atau di sekolah atau di manapun mereka inginkan tanpa tergantung pada koneksi internet.

Poodle (Portable Moodle) merupakan sebuah paket software opensource yang dapat menjalankan Moodle dan konten di dalamnya (course, what is ed resource, quiz dan seterusnya) pada PC secara offline. Poodle dapat diinstal pada PC desktop/Laptop pribadi, dan juga dapat diinstal pada flashdisk/CD-ROM/Memory Card/Harddisk.

Selanjutnya, Guru/dosen dapat membuat konten course (resource / activity secara offline), untuk selanjutnya dipelajari oleh siswa.  Siswa juga dapat mengerjakan aktivitas kuis secara offline, kemudian melakukan self – assessment secara offline pula.

Karena bersifat offline, maka Poodle tidak secara otomatis terkoneksi dengan situs resmi Moodle. Meski begitu, semua keperluan anda terkait Moodle telah tersedia pada software ini.

Jika anda tertarik menggunakannya, berikut system requirement – nya :

Platform
Windows XP, Windows Vista, and Windows 7

USB (Jika menggunakan Flashdisk)
USB 2.0 highly recommended, but will run on USB 1.1 very slowly

Portable Drive Size (Jika menggunakan CD)
512MB minimum, 1GB or more recommended, 4GB or more recommended in order to use Method 1 for transferring Poodle to a portable drive

Hard Drive Space for Initial Configuration (Jika menggunakan HDD)
300MB of free drive space

Internet Access
Eiittt….hanya digunakan untuk instalasi awal dan setting. Selanjutnya untuk mentransfer Poodle ke portable drive, Poodle needs no Internet connection.

Anda sudah siap mencobanya ??? Well.. i think you need to read my next tutorial  so that you know how to install and use it! 😀