Dulu sebelum marak penggunaan CMS untuk aplikasi Web Design, para web master mendesain webnya menggunakan bahasa pemprograman web, baik dengan ASP, PHP maupun HTML. Masing-masing web master berlomba-lomba mendesain secantik  mungkin web buatannya sehingga bisa menarik pengunjung. Pada waktu itu, sebuah website dinamis akan memperoleh point tersendiri bagi pengunjung,  karena sebuah website dinamis menawarkan interaksi yang dinamis antara si empunya website dengan pengunjung, disamping pengolahan dan pengembangan content website yang selalu berubah. Salah satu contoh simbol interaksi antara pengunjung dan owner waktu itu yang paling banyak dipakai adalah pemanfaatan Buku Tamu atau GuestBook.

Sekarang pemanfaatan buku tamu terasa tidak begitu penting, karena hampir setiap aplikasi CMS sudah disertai dengan aplikasi interaktif antara pengunjung dan owner, bahkan pengunjung dengan pengunjung yang lain pada setiap artikel yang kita muat.

Meski demikian, Bagi sebagian orang, memberi daftar buku tamu pada website pribadinya dianggap sebagai hal yang penting. Tujuan pemberian buku tamu biasanya untuk mendata pengunjung sebuah website atau juga bisa berfungsi sebagai sarana bertukar pikiran (kritik dan saran) terhadap sebuah website/hal tertentu. Hal ini terutama bagi sebuah situs/website resmi, seperti instansi sekolah, perusahaan dan seterusnya.

Pada Joomla, pemberian Buku tamu (guestbook) dapat dilakukan dengan pemanfaatan Extension Componen Buku Tamu/GuestBook. Joomla telah menyediakan banyak Component buku tamu yang bisa Anda download secara gratis dari situs resminya dan menginstalnya pada website Anda. Dan Kali ini saya akan mempraktekkan penggunaan Component buku tamu EasyBook Reloaded yang bisa Anda download disini.

Berikut cara Instalasinya..
1. Loginlah sebagai Administrator dan Klik menu Extension, Extension Manager
2.Klik Browse pada pilihan berikut, dan carilah com_easybookreloaded_v3.0.4.1.zip yang sudah anda download. Dan Klik Upload &Install

3. Jika proses Instalasi berhasil, maka pada menu Component akan terlihat :

Langkah selanjutnya adalah, Menampilkan Buku tamu pada Daftar Menu “Main Menu“:
1.Pilih menu Menu, Main Menu, Add New Menu item. Maka Kotak Dialog New Menu Item akan ditampilkan.

Pada Pilihan :

Menu Item Type : Klik tombol Select, maka akan ditampilkan pilihan berikut :

Pilihlah Standard Layout pada Easybook Reloaded.

Menu Title : Ketikkan BUKU TAMU

Untuk isian selanjutnya sudah saya bahas pada seri sebelumnya, Membuat menu di joomla 1.6. Jadi lakukan pengisian seperti biasanya.

2. Jika sudah selesai semua, Klik Save and Close dan hasilnya akan terlihat sebagai berikut :

Untuk melakukan pengaturan tampilan Buku Tamu bisa anda lakukan pada :

Sedangkan untuk Mengatur isi (menambah, mengedit, menampilkan, menghapus) isi dari buku tamu yang masuk, bisa anda lakukan melalui :

Selamat mencoba..