Secara default, untuk membuat Ebook menggunakan software berbasis open source, seperti Calibre atau Sigil, maka anda harus mengkonversi file dokumen anda menjadi format HTML terlebih dahulu (Baca Membuat Ebook dari Dokumen Word), baru kemudian bisa dikonversi menjadi file EPUB (Ebook). Demikian pula dengan file dokumen anda yang berasal dari dokumen Presentasi/PowerPoint.

Jika anda menggunakan Ms PowerPoint 2010 ke bawah, anda bisa mengkonversi file PPT anda ke HTML dengan cara File >Save As > Web Page > Publish. Jika proses konversi (penyimpanan) berhasil, maka akan tercipta 1 file HTML dan 1 folder pendukung (yang berisi semua file image dan file pendukung lainnya). Selengkapnya baca di sini.

Meski begitu, untuk mengkonversi file HTML hasil konversian tersebut ke dalam format EPUB, terbilang masih cukup rumit (setidaknya menurut saia… jika dilakukan melalui kedua software di atas). Karena file HTML yang sudah jadi, tidak bisa langsung terbaca oleh software tersebut. Kalaupun bisa, tampilan tidak sesuai dengan yang diharapkan, sebab banyak missing file-nya.

Sedangkan untuk anda pengguna Ms Office (PowerPoint) 2013, anda tidak akan pernah menjumpai pilihan Web Page, saat menyimpan ulang (File > Save As). Karena pada versi ini, Microsoft telah menghapus fitur konversi PPT ke HTML (Baca Fitur baru Ms Office 2013). Sehingga anda tidak bisa mengkonversi file PPT ke HTML melalui Ms Office 2013.

Nah, dari pada ribet-ribet begini, anda bisa menggunakan software AVS Document Converter.

AVS Document Converter adalah software berbayar yang bisa anda gunakan untuk membuat file EPUB (file standard Ebook yang bisa dibaca di perangkat Mobile, seperti iPad, iPhone, Android, iPod touch, Sony Reader dst) dari berbagai jenis format file (input), seperti doc, ppt, odt, odp, html, pdf, djvu, mobi, txt dan seterusnya.

Sedangkan File output yang dihasilkan adalah eBook (EPUB, FB2, Mobi), PDF, DOC, DOCX, HTML, IMAGE (JPG, GIF, TIFF, PNG), TXT, RTF, ODT. Penggunaan software ini akan memudahkan anda untuk mengkonversi file ppt ke html, atau bahkan ke format EPUB sekaligus. Jika anda tertarik, silahkan unduh filenya dari situs resminya di sini (versi trial) dan lakukan instalasi seperti biasa. Selanjutnya….

1. Jalankan program AVS Document Converter.

2. Pilihlah file yang akan anda konversi dengan mengeklik tombol Add Files.

3. Selanjutnya pilihlah format file output yang diinginkan, misalnya eBook.

4. Pada pilihan File type > Pilih EPUB.

5. Lakukan pengaturan lain pada Format Settings, Merge, Rename, dan Extract Image (Jika perlu, jika tidak, anda bisa melewatinya).

6. Tentukan lokasi file hasil konversian pada Output Directory.

7. Klik Convert Now! Tunggulah sebentar, proses konversi tidak memakan waktu lama… sampai tampil kotak dialog berikut :

8. Klik Open Folder untuk melihat hasilnya dan bukalah file EPUB tersebut menggunakan eBook viewer (bawaan Calibre). Maka sebuah eBook dari file PPT akan ditampilkan.

Selanjutnya, anda bisa memodifikasi/mengedit file EPUB tersebut dengan menambahkan multimedia (video/audio) atau mengedit bagian lain dari EPUB tersebut menggunakan software Calibre/Sigil.

Note !

AVS Document Converter ini akan mengubah setiap slide pada file PowerPoint anda menjadi file Image /gambar, ??anda bisa melihatnya melalui Calibre > Tweak Book. Image/gambar tersebut tersimpan dalam sebuah folder dengan namamedia”.

Berikut tampilan image dari slide yang sudah dikonversi:

Dan secara otomatis, slide pertama dari file presentasi anda akan dijadikan cover halaman depan eBook.

Selamat mencoba ya.. 😀