Akhir-akhir ini blog saya sering tidak bisa diakses dikarenakan kehabisan bandwidth, find apalagi kl udah pertengahan bulan…Hufhh!! Pada minggu pertama ini saja sudah separuh dari Bandwidth yang disediakan oleh hosting saya terpakai, bisa dipastikan akhir bulan, pasti tidak bisa diakses lagi.. 😛
Bandwidth (lebarpita) dalam ilmu computer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). Perhatikan bahwa bandwidth yang tertera komunikasi nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital, elektronik, dll, adalah bandwidth yang mengacu pada sinyal analog yang diukur dalam satuan hertz (makna asli dari istilah tersebut) yang lebih tepat ditulis bitrate daripada bits per second.
Dalam dunia web hosting, bandwidth capacity (kapasitas lebarpita) diartikan sebagai nilai maksimum besaran transfer data (tulisan, gambar, video, suara, dan lainnya) yang terjadi antara server hosting dengan komputer klien dalam suatu periode tertentu. Contohnya 5 GB per bulan, yang artinya besaran maksimal transfer data yang bisa dilakukan oleh seluruh klien adalah 5 GB, jika bandwidth habis maka website tidak dapat dibuka sampai dengan bulan baru. Semakin banyak fitur di dalam website seperti gambar, video, suara, dan lainnya, maka semakin banyak bandwidth yang akan terpakai.
Memang blog ini banyak contain video, gambar, suara dan aplikasi lain. Salah satunya adalah file banner (logo) dari blog ini yang kapasitasnya agak lumayan besar, karena berupa file Flash. Maka untuk sedikit menghemat Bandwidth saya, beberapa file video dan gambar saya titipkan di beberapa hosting, seperti misalnya untuk gambar-gambar tutorial saya titip di photobucket.com, dan untuk file banner di atas (format file SWF), saya simpan di 4shared.com.
Sebagaimana kita tahu ketika kita titip file ke hosting, kita akan diberi alamat Link dari file kita tersebut. Misalnya :
http://www.4shared.com/document/yyYBIZXT/banner1.html
Untuk menyisipkan link di atas ke dalam blog kita, gunakan tag <embed> dengan atribut sebagai berikut:
<embed src=”link_file” width=”lebar” height=”tinggi” allowfullscreen=”true” allowscriptaccess=”always”></embed>
Tetapi gantilah Link di atas pada kata “document” dengan “embed”, sehingga menjadi :
http://www.4shared.com/embed/yyYBIZXT/banner1.swf
Ganti lebar dan tinggi dengan ukuran lebar dan tinggi file swf anda, sehingga menjadi :

<embed src=”http://www.4shared.com/embed/yyYBIZXT/banner1.swf” width=”1000″ height=”98″ allowfullscreen=”true” allowscriptaccess=”always”></embed>

Selamat mencoba 😛