Menyisipkan video tutorial pada postingan pembelajaran yang kita buat, for sale akan menambah nilai tersendiri sekaligus memudahkan pembaca dalam memahami sebuah topik yang akan kita ajarkan.
Jika Website Anda dibangun menggunakan CMS Joomla, anda bisa melengkapi Pembelajaran anda dengan menampilkan video-video yang mendukung dari Hosting penyedia Video seperti YouTube, Metacafe, Vimeo, dan seterusnya dengan menggunakan Extension Joomla (Plugin Mambot) Allvideos.
Hampir semua format video dapat anda tampilkan menggunakan Plugin Allvideos ini. Seperti  flv, swf, mov, mp4, wmv, wma, mp3, 3gp, webm, ogv, ogg, divx.
Sedangkan cara Instalasi Plugin Allvideos, semudah melakukan instalasi plugin yang lain (baca tutorial saya sebelumnya Memahami Joomla Extension).
Setelah Instalasi berhasil dilakukan, aktifkan Plugin tersebut dengan mengeklik Tombol  Yes pada pilihan Enable.

Selanjutnya, untuk menampilkan video yang dimaskud..eh..maksud, Anda tinggal menuliskan kode Video yang dimaksud, misalnya kode video anda http://www.youtube.com/watch?v=7ZSSyuLf9PY.

Maka ketikkan kode 7ZSSyuLf9PY dengan format {format/provider}filename{/format/provider}. Menjadi {youtube}7ZSSyuLf9PY{/youtube}.

Anda bisa mengatur lebar dan tinggi tampilan Video nya dengan menambahkan |width|height|autoplay disebelah kanan File name, menjadi :

{youtube}he73js822|600|450|1{/youtube})

Anda bisa melihat hasil pemanfaatan Plugin Allvideos ini di http://smkn3-jbg.sch.id/home/index.php?option=com_content&task=view&id=172&Itemid=121

Selamat mencoba… 🙂