Sebagaimana yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya (Baca Micro:bit : Mengenal Fitur Micro:bit) bahwa micro:bit dilengkapi dengan Accelerometer yang berfungsi untuk mendeteksi kondisi (kecepatan) micro:bit. Sensor Accelerometer pada micro:bit akan bekerja ketika micro:bit digerakkan, misalnya miring, goyang (shake), jatuh dan seterusnya seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Jenis aksi yang akan direspon oleh Accelerometer

Pada contoh kali ini kita akan membuat project Dice di mana micro:bit akan menampilkan angka acak (random) ketika user menggoyang micro:bit (shake) layaknya ketika melakukan permainan dadu.

Block on shake digunakan untuk mengaktifkan sensor Accelerometer pada micro:bit. Pada project kali ini, kita membutuhkan 3 block code yaitu on shake, show number dan pick random .. to.. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buatlah project baru dengan memilih New Project melalui halaman https://makecode.microbit.org/
Ikon New Project

Bersihkan area kerja (workspace) MakeCode dengan menghapus block on start dan forever.

2. Pilihlah block input > on shake dan Basic > show number.

Block on shake dan show number

Tempatkan block show number pada block on shake.

Block show number yang telah ditempatkan pada block on shake

3. Pilih block Math > pick random dan tempatkan pada block show number.

Block pick random yang ditempatkan pada show number

Ubahlah batas angka random dari 1 sampai 6 (sesuai dengan nilai angka terbesar pada dadu) seperti terlihat pada gambar berikut:

Tampilan block pick random 1 – 6

4. Amatilah hasil project pada simulator micro:bit. Klik tombol SHAKE untuk melihat angka random yang akan ditampilkan. Apabila Anda menggunakan perangkat micro:bit, Anda dapat melihat angka random setelah Anda menggerakkan/menggoyang micro:bit, seperti pada gambar berikut.

Tampilan hasil project Dice

Semangat mencoba!

Referensi : https://makecode.microbit.org/