Micro:bit memiliki 2 tombol yang dapat Anda beri trigger/aksi untuk membuat program Anda lebih interaktif dan menarik. Untuk memberi aksi pada tombol micro:bit, Anda dapat menggunakan block Input > on button pressed.

Contoh berikut adalah program untuk menampilkan smiley happy face ketika user menekan tombol A danmenampilkan ikon sad face ketika user menekan tombol B pada micro:bit.

  1. Pilih block Input > on button A pressed
  2. Pilih block Basic > show icon dan tempatkan pada block on button A pressed
Tampilan block on button A pressed dan show icon
Block show icon yang ditempatkan pada block on button A pressed
  • Sesuaikan ikon dengan memilih smiley happy face sehingga tampilan block menjadi seperti yang terlihat pada gambar berikut.
Memilih gambar ikon smiley

Lakukan duplikasi pada block untuk membuat handler pada tombol B dengan cara:

  • Klik kanan pada block on button A pressed dan pilih Duplicate
Menyalin Block
  • Sesuaikan label tombol dan jenis ikon dengan memilih tombol B dan ikon sad face seperti yang terlihat pada gambar berikut.
Mengubah Button Label

Sehingga Anda telah saat ini telah memiliki 2 blocks seperti yang telihat pada gambar berikut.

Dua block untuk button A dan B
  • Amati dan jalankan program dengan nekan tombol A dan B pada simulator. Maka simulator akan menampilkan gambar ikon smiley happy face ketika user menekan tombol A dan sad face ketika user menekan tombol B.

Apabila Anda memiliki perangkat micro:bit, Anda dapat mengunduh program tersebut dan menjalankan pada micro:bit Anda. Hasil keluaran program yang sama akan ditampilkan pada micro:bit Anda.

Hasil tampilan program pada simulator micro:bit

Anda dapat memberikan event yang lain pada tombol A atau B sesuai dengan kebutuhan dengan menambahkan block yang dibutuhkan pada block on button .. pressed.

Referensi : https://makecode.microbit.org/courses/csintro/making/activity