Kelas Virtual dalam Microsoft Teams diistilahkan dengan Team atau Tim (dalam Bahasa Indonesia), yaitu sebuah kelompok belajar yang terdiri atas satu atau lebih guru dan siswa dalam rombongan belajar yang sedang mempelajari sebuah topik/materi tertentu.

Karena sebuah Team (Tim) biasa digunakan untuk membahas topik/materi tertentu, maka tidak jarang penamaan sebuah Teams/Kelas didasarkan pada topik/materi yang sedang dipelajari. Misalnya Kelas Virtual Matematika, Kelas Virtual Teknologi Jaringan Berbasis WAN, Kelas Virtual Administrasi Server Jaringan dan seterusnya.

Dalam sebuah Kelas Virtual juga memungkinkan guru untuk membuat sebuah Kanal / Channel / Ruangan yang dikelompokkan dalam topik-topik yang lebih kecil lagi dengan tujuan agar pembahasan dalam sebuah Kelas Virtual lebih terstruktur, runtut dan fokus pada apa yang sedang dipelajari saat itu. Sebuah Channel dalam Kelas Virtual dapat dibuat berdasarkan Capaian-capaian Pembelajaran, dalam hal ini kalau di level pendidikan dasar dan menengah bisa berdasarkan pada Kompetensi Dasar pada sebuah mata pelajaran.

Video ini akan menjelaskan tentang cara membuat dan mengelola Kelas Virtual / Kelas Online di Microsoft Teams, termasuk juga membuat Channel di dalamnya.

Seri Pembelajaran Kolaboratif menggunakan Microsoft Teams ini diperuntukkan bagi Para Guru SMK Negeri 3 Jombang yang sedang melaksanakan Learning from Home pada situasi darurat COVID-19 di Indonesia saat ini.

Namun tidak menutup kemungkinan bagi Para Guru yang sedang menggunakan Microsoft Teams sebagai sarana pembelajaran online di kelas.

Semoga bermanfaat!