Setidaknya ada 4 langkah untuk membangun e-learning Moodle menggunakan Poodle (Portable Moodle):

  1. Mendownload poodle-x.x.zip dan menginstallnya.
  2. Membuat course/Mata pelajaran
  3. Mengatur dan mengisi course dengan bahan ajar dan aktivitas yang diperlukan
  4. Mentransfer course ke portable drives untuk didistribusikan pada siswa

Mendownload Poodle

1. Download-lah Poodle dengan mengeklik link ini.

2. Pilihlah file Poodle yang berformat zip dengan pilihan :

3. Tunggu-lah … sambil menyantap pisang goreng dan teh hangat kesukaan anda sampai proses download selesai.

Jika sudah habis pisangnya..eh, physician maksud saya.. sudah selesai ndownload-nya, viagra 100mg lanjutkan ke langkah 4

4. Extract-lah, ke directory yang anda inginkan, misalnya D:poodle-v2.1-beta. Dan berikut ini adalah aplikasi yang terdapat pada folder Poodle tersebut :

  • Portable Apps, sebuah paket software open source yang mengijinkan sebuah program aplikasi portable dijalankan langsung dari Flashdisk.
  • Mozilla Firefox®, Portable Edition (Browser)
  • Sumatra PDF Portable (PDF Reader)
  • MiniServer, produk dari Uniform Server yang berisi Apache, MySQL, PHP dan Perl yang bisa dijalankan langsung dari Portable drive.
  • Moodle
  • Moodle Start, sebuah file aplikasi untuk menjalankan Moodle dengan sekali klik saja.

Menjalankan Poodle

1. Bukalah folder Poodle hasil ekstrak-an.
2. Double-klik StartPortableApps.exe, maka akan muncul menu berikut :

3. Pilihlah Moodle Start, untuk menjalankan Moodle portable melalui browser Firefox portable pula. Saat menjalankan Moodle dan Firefox portable, 2 Kotak dialog Windows Security Alert akan ditampilkan, pilihlah Unblock/Allow access.

Tunggulah sebentar sampai proses inisialisasi moodle selesai…

4. Selanjutnya browser firefox akan menampilkan 2 jendela yang terdiri atas Jendela Poodle dan ucapan terima kasih dari http://www.soft32.com/ (jika terkoneksi ke internet)
5. Pada jendela Moodle, anda sudah bisa mulai bekerja dengan login sebagai administrator dengan mengeklik Login, dan isikan :

  • Username : admin
  • Password : admin

Berikut tampilan Moodle portable ketika anda login sebagai Administrator :


Pada halaman tersebut terdapat 1 category (Demonstration) dan 1 course (Moodle Features Demo).

6. Nah, sekarang Anda bisa menambahkan course, atau jika anda tidak mau repot anda bisa menambah dan mengedit course yang ada, dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.
Setiap perubahan yang anda lakukan akan disimpan oleh sistem Moodle, sehingga anda tidak perlu kuatir kehilangan data anda.

Jika anda kesulitan membuat course di moodle, silahkan baca Membuat Course di Moodle dan tutorial moodle lainnya untuk keperluan pengaturan resources dan activities.

7. Pastikan anda mengatur global moodle permission sekaligus mengatur self enrollment, sehingga siswa bebas mengakses course dan membuat user account baru pada poodle.

Note :

Poodle juga menyediakan Aplikasi Portable yang mendukung beberapa program aplikasi yang dibutuhkan ketika mengakses resource (bahan ajar) di Moodle, seperti bahan ajar/media berupa file-file dengan format .doc, .xls, .mp3, .mov, Flash, dst…

Selanjutnya, saya persilahkan anda untuk mengeksplor Portable Moodle yang ada, dan jika sudah siap, silahkan baca tutorial selanjutnya tentang distribusi Poodle kepada siswa-siswi anda supaya bisa dipelajari di manapun mereka berada.
Mudah-mudahan bermanfaat.

Referensi : https://docs.maflt.org