Bagi Anda yang gemar memberikan kuis kepada siswa melalui media presentasi Ms PowerPoint, troche atau melakukan pembelajaran menggunakan media powerpoint, medications kini Anda bisa mengajak siswa terlibat secara langsung dalam kuis / presentasi Anda dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab /memberikan umpan balik secara langsung menggunakan Microsoft Mouse Mischief

Microsoft Mouse Mischief adalah suatu add-in yang memanfaatkan teknologi multipoint. Teknologi Multipoint ini sendiri adalah suatu teknologi yang memungkinkan satu buah komputer dapat terkoneksi dengan banyak mouse, sehingga akan lebih banyak pengguna yang dapat mengakses satu komputer. Biasanya, satu komputer dihubungkan dengan USB Hub (untuk mouse USB), atau dengan memanfaatkan mouse wireless.

Fitur ini berintegrasi dengan Office PowerPoint 2010 dan 2007 yang memungkinkan para tenaga pengajar untuk membuat presentasi yang sangat interaktif dan bisa melibatkan audience atau siswa pada saat presentasi. Sebagai contoh, 5 hingga 25 siswa, masing-masing menggunakan mouse dapat memilih suatu soal multiple choice atau menggambar bersama-sama.

Microsoft Mouse Mischief juga dapat dimanfaatkan sebagai media evaluasi oleh para guru dalam mengukur seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan. Dengan menggunakan ini, maka para siswa tidak hanya melihat materi presentasi yang ditayangkan di dalam kelas, namun mereka juga dapat berinteraksi dengan materi yang disampaikan guru.

Proses evaluasi menggunakan aplikasi ini akan lebih menarik dan menyenangkan dibandingkan dengan proses evaluasi yang biasanya disampaikan menggunakan kertas. Terdapat beberapa tips untuk membawa aplikasi Microsoft Mouse Mischief ini kedalam kelas. Tips ini tentu saja akan sangat membantu Anda untuk memahami apa-apa saja yang harus Anda persiapkan untuk mengintegrasikan teknologi ini dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Silahkan buka presentasi di bawah untuk menyimak tips yang ada.

Tips ini disampaikan penulis (Winastwan Gora) saat didaulat menjadi salah satu pemateri dalam acara National Workshop and Seminar on Education Technology (NAWSET) 2011 yang diselenggarakan oleh EduPartner Institute bekerjasama dengan Pazia Shop, yang dilangsungkan di Hotel Semesta Semarang pada tanggal 26-27 Februari 2011 lalu. Acara yang dihadiri oleh 200 orang guru dari seluruh Indonesia ini juga menghadirkan berbagai praktisi pendidikan dan Teknologi Informasi seperti Prof. Yohannes Surya, P.hD dan Michael S. Sunggiardi.

Jika Anda tertarik, silahkan download secara gratis di sini.