6 projects in 3 days? Hmm…

Seru! Itulah kesan yang saya dapatkan saat menjadi fasilitator pada Workshop pengembangan bahan ajar dan ujian berbasis tik di SMA Darul Ulum 2 Jombang hari ke-2 ini.
Yah, pills ketika kami (Fasilitator) berada di tengah-tengah teman-teman guru – yang bisa dibilang tidak muda lagi – dalam belajar memanfaatkan komputer untuk membuat bahan Ujian interaktif , tentu kami harus pandai-pandai membawakan materi tersebut supaya mereka tidak mengalami kesulitan dalam mempraktekkannya, apalagi sampai menyerah! Hufh..tidak!
Hari ini, saatnya belajar membuat kuis interaktif yang nantinya akan kita sisipkan pada bahan ajar yang sudah dibuat pada hari sebelumnya. Dan program pembuat kuis yang kami pilih adalah Wondershare Quiz Creator.
Pemilihan Quiz creator ini, tentu karena berbagai pertimbangan, di samping karena mudah dalam pembuatannya, dengan menggunakan program ini kita bisa memilih berbagai bentuk soal kuis, dengan penscoran yang bisa dilakukan secara cepat dan mudah.


Daya dukung terhadap berbagai object berupa gambar dan video (baca tulisan saya Menyisipkan Object pada Kuis), bahkan suara, dengan media perekam suara ke dalam kuis (baca tulisan saya Merekam Suara ke dalam Kuis), tentu menjadi hal yang sangat menarik.
Lebih jauh dari itu, bagi sekolah yang sudah memanfaatkan E-Learning menggunakan LMS Moodle seperti SMA Darul Ulum 2 Jombang ini, mereka bisa mengupload bahan ujian kuis tersebut ke dalam E-learning sekolah, tentu dengan langkah yang sangat mudah (baca tulisan saya Meng-upload Kuis Creator ke Moodle).


Lagi-lagi, waktu yang begitu singkat (12.00-16.30) membuat kami harus menggunakan strategi yang kami sebut “PATAS“, alias Cepat + Tuntas!!
Dan..jangan di bilang GURU SMA Darul Ulum 2 Jombang kalau tidak bisa mengikuti dan menuntaskan semua materi itu dalam Waktu yang singkat!! Ehm!..ehm!
Tahukah anda bahwa dalam waktu 3 hari ini, mereka (para guru) harus menyelesaikan 6 bahan ajar beserta kuisnya untuk di-upload ke dalam E-Learning sekolah !
Hmm..beruntung saya sudah tidak menjadi bagian dari Guru yang mendapatkan tugas itu…ha…ha… 😛
Yah..Selamat bekerja teman-teman..Mudah2an semangat dan keikhlasan anda menjalankan tugas ini menjadi amal baik  yang diterima oleh Allah SWT. Amin..

You may also like...