Kopdar Guraru yang Mengharukan..

Adalah tepat pukul 19.13, saat huruf pertama postingan ini saya ketikkan dalam halaman posingan ini. Saat ini saya sedang duduk, mojok di sebelah pintu masuk Peron (passenger service charge) Bandara Soekarno Hatta sembari menunggu waktu check in. Kebetulan penerbangan saya malam ini pukul 21.40, jadi masih sekitar 1,5 jam lagi saya harus menunggu. Dari pada tidak melakukan apa-apa, saya ingin memanfaatkan free@wifi.id bandara ini untuk menuliskan kembali pengalaman bertemu dengan teman-teman maya di Guraru.org, yang baru saja berlangsung dan difasilitasi oleh Acer Guraru, dalam acara Kopdar Guraru dan Penganugerahan Acer Guru Era Baru Award 2013.

Saya tidak menyangka acara kopdar ini akan berlangsung begitu seru dan hangat. Bertemu dengan teman-teman yang selama ini hanya saya kenal via dunia maya, telah membawa kesan tersendiri, sekaligus membuat saya menjadi terharu.

Bagaimana tidak, kami belum pernah sama sekali bertemu, akan tetapi ketika kami dipertemukan, kami merasa seperti bertemu dengan teman lama yang telah bertahun-tahun tidak bertemu.

Wajah teman-teman ini, ternyata tidak terlihat asing bagi saya, sehingga saat bertemu, saya secara langsung bisa mengenali mereka, terutama teman yang aktif di media online (sosial) dan komunitas guraru. Seperti saat ketemu Ibu Mugi dan Ibu Etna, spontan kami berpelukan dan cipika cipiki.. Sungguh kopi darat yang mengharukan. Pak Urip, Pak Sawali, Pak Sukani, Pak Agus Sampurna, Pak Dzulfikar Alala dan semua yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, semua membaur jadi satu dalam suasana yang akrab dan hangat.

Begitu juga dengan teman-teman panitia, Mbak Anandita, Mbak Jojo, Mbak Fany, Mas Wahyu.. ternyata mereka semua sangat baik dan seru! Mereka benar-benar telah memberikan servis terbaiknya kepada kami semua peserta Kopdar Guraru ini.

Dalam kopdar ini, benar-benar tidak ada sekat antara panitia dan peserta, semua sama… semua ikut berbaur dan seru-seruan dalam acara ini.

Acaranya pun dikemas dalam suasana yang tidak begitu formal dengan host Mbak Mitha yang memandu acara dengan santai dan akrab.

Interaksi antara narasumber dan peserta juga sangat interaktif karena pada setiap akhir sesi peserta berkesempatan untuk berdialog dengan narasumber secara langsung, seperti saat sesinya Bapak Bukik Setiawan yang membawakan tentang materi “Transformasi Peran Guru dalam Era Pendidikan Berbasis Digital” dan Bapak Aswin Rusli yang mengenalkan Acer for Education. Para peserta sangat antusias dengan pertanyaan-pertanyaan mereka.

Dalam acara ini juga tidak sekedar kopi darat, melainkan juga ada sesi berbagi yang dikemas dalam “Kelas diskusi” yang dibagi dalam beberapa mini classes, yang dipandu oleh para pemenang guraru tahun sebelumnya, seperti Bpk Urip, Agus Sampurna, Bpk. Dedi Dwitagama dan saia.? Mini classes ini mengusung topik yang berbeda, diantaranya kelas “Pak Urip “Trik Berburu Animasi (media pembelajaran) dan Menerjemahkan Teks Animasi ke Bahasa Indonesia”.

Kelas Pak Agus Sampurno “Etika Mengunduh Aplikasi atau e-Book dalam Konteks Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)” dan kelas Pak Dedi Dwitagama “Membimbing Siswa untuk Menggunakan Internet dengan Bijak”.

serta kelas Saya dengan “Langkah-langkah untuk Menggunakan Gamification dalam Pengajaran di Kelas”.

Sesi ini menjadi ajang untuk berbagi pengalaman para guraru dalam menerapkan IT untuk proses pembelajarannya.

Dalam kelas diskusi saya, kami berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang konsep metode pembelajaran gamification dan game based learning (GBL) serta langkah penerapannya di kelas. Metode gamification yang merupakan metode yang belum banyak dikenal, sehingga membuat banyak peserta penasaran.

Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang memenuhi semua kursi yang ada di kelas ini. Bahkan Ibu Mugi yang sudah pesan kursi dari awal pendaftaran, harus rela mengalah untuk ikut kelas yang lain, karena tidak kebagian kursi 😀 Maaf ya Bu Mugi..

Gamification ini akhirnya menjadi bahan diskusi yang sangat seru dalam kelas mini ini. Para peserta yang semula agak sulit membedakan konsep Metode Gamification dan GBL, akhirnya dapat menangkap konsep dan perbedaan keduanya, setelah menyaksikan tayangan simulasi gamification dan game pada GBL. Para pesertapun terinspirasi untuk menerapkan metode ini sesuai dengan materi yang diajarkan.

Sharing pengetahuan dan pengalaman bersama para guraru dalam kelas ini, membuat panitia harus rela memberikan sedikit tambahan waktu sampai kami benar-benar menyelesaikan diskusi ini.. 😀

Selanjutnya adalah sesi yang paling ditunggu, yaitu presentasi para finalist di hadapan juri dan semua peserta yang hadir tentang topik-topik yang diturunkan dari topik utama “Digital Imigran, Digital Native”. Presentasi pertama oleh Bpk Rudy Hilkya dari SMAN 2 Palangkaraya tentang Aplikasi Grafis dalam pengajaran untuk Digital Natives.

Dilanjutkan dengan presentasi Ibu Mugi Rahayu dari SMA Al Muslim Bekasi tentang Penerapan Simulasi untuk Digital Natives.

dan terakhir presentasi dari Bpk Sukani dari SMK Bakti Idhata Jakarta tentang Penerapan Game untuk Digital Natives. Presentasi Pak Sukani ini membuat para juri dan peserta sangat heboh karena tampilan Animasi CrazyTalk-nya yang unik dengan wajah beliau sendiri, sebagai modelnya.

Yah..ketiga finalist telah berhasil memberikan penampilan terbaiknya, sehingga membuat para juri yang terdiri dari perwakilan Acer (Mas Wahyu dan Mbak Anandita) serta para pemenang Guraru sebelumnya (Om Jay, Pak Sawali, Pak Yusrizal) bingung dalam menentukan siapa pemenangnya. Setelah melalui diskusi yang alot, para juri memutuskan Bpk Sukani menjadi Juara I dengan nilai 461.75 Bpk Rudy Hilkya menjadi Juara 2 dengan total nilai 424.25 dan Ibu Mugi sebagai Juara 3 dengan total nilai 391.75.

Masing-masing pemenang mendapatkan sebuah Notebook Acer Aspire E1 dan uang tunai dari Acer Indonesia.

Raut bahagia tidak hanya terpancar pada ketiga pemenang ini, namun semua panitia dan peserta yang hadir ikut larut dalam kegembiraan yang dilampiaskan dengan berfoto bersama para pemenang.

Yah.. jadilah para pemenang, peserta dan panitia narsis-narsisan bersamaaa..

Akhirnya salam perpisahan dan ucapan terima kasih kami sampaikan kepada pihak penyelenggara Acer Indonesia dan Pengelola Guru Era Baru serta panitia yang selama ini berjuang mewujudkan acara Kopdar Guraru ini. Ada Mbak Anandita, Mas Wahyu, Mbak Fany, Mbak Josephine, Mbak Mitha dan seluruh tim panitia yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu.

Mudah-mudahan kita bisa bertemu kembali pada acara guraru yang lainnya.. Amin.

Special thanks : Om Jay dan Pak Urip atas semua copy-an dokumentasinya.

You may also like...