Setelah kita paham kerangka articulate storyline (AS), maka kita bisa mulai membuat project baru menggunakan tools ini.

Membuat Project Baru

Ada beberapa cara untuk membuat project baru pada AS, yaitu : membuat project dari blank slide (scratch), membuat project melalui Recording a Screencast (dengan cara merekam), membuat project melalui Importing Content dari media lain dan membuat project dari Template.

Pada tutorial ini, saya lebih suka membuat project dari blank slide (slide kosong), karena kita bisa berkreasi sesuai dengan keinginan kita. Untuk membuat project dari blank slide, ikuti salah satu langkah berikut:

  • Jika pertama kali membuka AS, maka klik New Project, untuk membuat project baru. Atau anda dapat menekan tombol Ctrl+N.

Membuat Project Baru

  • Jika sebuah project telah terbuka, pilih File > New. Maka sebuah scene dengan blank slide (slide kosong) siap digunakan.

Tampilan scene dengan 1 slide kosong

Selanjutnya anda dapat mengeklik ganda pada tampilan scene tersebut untuk memulai bekerja pada slide. Anda dapat mengubah judul scene dan slide dengan mengeklik ganda pada teks judul scene/slide dan gantilah dengan nama yang diinginkan.

Mengganti Nama Slide

Mengganti Nama Scene

Selanjutnya anda dapat mengisi konten slide dengan cara yang sama dengan ketika anda membuat media menggunakan Ms PowerPoint.

Menambahkan Konten (objek) Pada Slide

Menyimpan Project

Untuk menyimpan project yang telah dibuat, anda dapat menekan tombol Ctrl + S, atau File > Save, atau anda dapat mengeklik ikon floppy disk pada bagian atas jendela articulate storyline. By default, project yang anda buat akan disimpan pada Documents > My Articulate Projects, kecuali jika anda mengubahnya.

Menampilkan Project

Untuk menampilkan hasil project sementara sebelum dipublish, klik ikon Preview pada Ribbon Menu. Terdapat 3 pilihan preview, yaitu slide (menampilkan hasil slide yang aktif), scene (menampilkan 1 scene), entire project (menampilkan project keseluruhan).

Mempublish Project

Mempublish project bertujuan untuk mempersiapkan project agar menjadi media yang siap digunakan di kelas. Untuk mempublish project, anda dapat mengeklik ikon Publish pada Ribbon Menu. Atau Klik File > Publish. Hasil publish berupa file dengan format HTML5 dan flash file.

Format File Hasil Publish

File hasil publish yang berbasis web dapat dijalankan pada browser, sedangkan hasil publish berupa CD/file exe dapat dijalankan pada desktop windows.

Referensi:
https://community.articulate.com/series/articulate-storyline-2/articles/creating-a-new-project