Hari Jumat, selalu menjadi hari yang menyenangkan, karena pada hari itu kami bisa pulang lebih awal, yaitu pukul 13 (untuk menunaikan Sholat Jumat bagi para pria). Dan.. besoknya kami bisa libur hari sabtu dan minggu. Waktu libur biasanya kami manfaatkan untuk jalan bersama ke tempat yang belum pernah kita kunjungi.

Jika jalan2 sebelumnya (city tour) selalu didampingi oleh salah satu dari tim trainer perusahaan/kampus, maka untuk hari libur kita bisa jalan2 sendiri, sekalian sebagai uji nyali. 

Central Station Frankfurt Am Main

Dua hari Sabtu berturut2 (26/10 dan 2/11) saya ngikut teman2 jalan ke kota Frankfurt. Dengan berbekal GPS dan sedikit info dari media online, kami menuju Kota Frankfurt untuk mengunjungi Flohmarkt yang digelar 2 minggu di kota ini secara berurutan.

Frankfurt Am Main

Dengan berjalan kaki, kami menuju stasiun Donberg Gross Gerau yang berjarak sekitar 1.5 km dari Guest House. Setelah membeli 2 tiket KA untuk 10 orang (1 tiket untuk 5 orang), kami pun melaju bersama kereta RE70 menuju Frankfurt. 

Kereta Api RE70

Pada Sabtu pertama (26/10) menuju Frankfurt, kami agak was-was, karena tidak tahu musti berhenti di stasiun mana. Sejujurnya kami benar-benar tidak tahu rute menuju kota Pfaffenwiese, tempat Flohmarkt digelar. Maka jadilah kami gambling dan ikut-ikutan penumpang lain turun KA saat di stasiun tertentu (saya lupa namanya, sebelum Frankfurt). Dan.. lagi-lagi, dengan berbekal google maps, kami mengalir saja mengikuti arus penumpang lain yang bergerak meninggalkan stasiun menuju halte bus. 

Frankfurt Am Main

Tidak banyak yang bisa kami ajak berkomunikasi karena sebagian besar mereka tidak berbahasa Inggris. Maka, karena sama-sama tidak tahu, kami ikut aja orang-orang yang menaiki bus.

Frankfurt Am Main

Syukurlah.. ternyata busnya berhenti di Kota Frankfurt dan menurut GPS kami harus berjalan lagi sampai menemukan jembatan penyeberangan di atas sungai Frankfurt am Main. Barulah kita sampai di tempat tujuan, tempat Flohmarkt berlangsung.

Flohmarkt sendiri merupakan sebuah pasar dadakan yang menjual barang-barang bekas dan baru yang hanya ada pada hari tertentu saja (biasanya setiap sabtu pagi hingga siang hari). Beraneka macam barang dijual di sini mulai peralatan rumah tangga, baju, sepatu, tas, peralatan elektronik, makanan dan seterusnya. 

Frankfurt Am Main

Flohmrk ini menjadi incaran para pengunjung utamanya yang datang dari luar negeri seperti kami, yang ingin mendapatkan barang dengan harga yang relatif murah. Pengunjung flohmarkt tidak hanya kalangan orang2 dewasa, melainkan juga para remaja, bahkan anak-anak yang sekedar untuk melihat2 atau bermain2. Sayangnya saya tidak punya dokumentasi saat di flohmarkt.

Frankfurt Am Main

Mengunjungi flohmarkt ini bagi kami sangat menyenangkan dan bisa menjadi candu untuk berbelanja karena harganya yang sangat murah. Setiap minggu, flohmarkt selalu digelar di tempat yang berbeda2, sehingga pengunjung musti update infonya jika ingin mengunjunginya. Dan flohmarkt minggu ini (9/11) akan digelar di kota Gross Gerau. Sayangnya kami semua punya schedule jalan2 ke tempat lain.

Usai mengunjungi flohmrkt tak lupa kami berfoto di sekitar sungai Frankfurt am Main yang sangat indah. Dan alhamdulillah, perjalanan pulang menuju Gross Gerau tidak mengalami kendala, meski sempat panik karena lupa nama stasiun Gross Gerau tempat kami harus berhenti.

Frankfurt am Main