Anda masih ingat dengan film Mission Impossible 2 yang dibintangi oleh saudara kembar suami saya, si ganteng Tom Cruise ?

Ya.. Bagian yang paling saya ingat pada film tersebut adalah ketika Ethan Hunt (seorang agen rahasia yang diperankan oleh Tom Cruise) membaca sebuah pesan melalui kaca matanya, kemudian melemparkan dan meledakkan kacamata itu di puncak bukit gurun Arizona.
Karena film ini, kacamata ala mission impossible sempat menjadi tren pada awal tahun 2000-an.

Kini, google sedang mengerjakan project baru yang berhubungan dengan kaca mata canggih yang mirip dengan kacamata Ethan Hunt tersebut, yang diberi nama Google Glass. Google Glass adalah sebuah kacamata pintar yang saat ini sedang dikembangkan oleh google yang memiliki hampir semua fitur yang dimiliki oleh Smartphone Android bahkan lebih canggih lagi.

Google glass memiliki kemampuan untuk menelpon, mengambil gambar (memotret), memutar dan merekam video, membaca email, melakukan pencarian online, navigasi arah, video chat yang kesemuanya dapat dikendalikan dengan gerakan, sentuhan bahkan suara.

Sebenarnya konsep kacamata pintar ala Google Glass ini sudah lama ada. Bahkan, di awal tahun 1990-an konsep tersebut sudah terlihat. Adalah Thad Starner yang saat itu berhasil mengubah mimpinya untuk membuat kacamata pintar menjadi produk nyata.

Google glass jadul

Meski masih bergaya culun, tetapi konsep ini harus diakui sudah sangat inovatif pada zamannya. Dan setelah 20 tahun, konsep tersebut dapat dikembangkan dan direalisasikan menjadi produk yang lebih keren nan penuh gaya oleh google, melalui Google glass. Kacamata google setara dengan TV HD berukuran 25 inch yang dilihat dari jarak 2,5 meter. Dilengkapi kamera 5 MP yang mampu merekam video hingga resolusi 720 pixel dan memori internal 16 GB untuk menampung seluruh hasil rekaman.

Berikut adalah tampilan Google glass dengan berbagai varian :

Sumber foto : snict.openarc.lk

Berikut adalah fitur luar google glass :

  • Google glass dikemas dalam kemasan yang rapi dengan sejumlah aksesoris untuk mendukung performa google glass.
  • Frame bagian kanan lebih besar dari sisi kiri yang memiliki lebar layar 1/2 inchi ( 1,3 cm)
  • Pada bagian kanan terdapat tombol touchpad untuk memotret, video chat, mengecek email, dan sebelah kanan belakang tempat baterai.
  • Bagian depan tengah terdapat ‘nosepad’ yang diletakkan khusus di bagian lubang.
  • Google glass memiliki ukuran yang relatif kecil, sehingga dimungkinkan mudah rusak bila tidak hati-hati. Untuk mengatasinya, google telah menyiapkan tas khusus sebagai tempat penyimpanannya. Ini berfungsi agar Google Glass aman saat dibawa ke mana-mana dan melindunginya dari goncangan.
  • Google glass dapat dikendalikan dengan menggunakan sensor suara, sensor gerak dan sentuh.

Fitur Google glass yang lain adalah :

  • Saat google glass aktif, akan menampilkan beragam menu yang mirip-mirip dengan ikon di smartphone, seperti menu kamera, reminder, setting, pemutar musik digital dan sebagainya.
  • Kacamata pintar ini juga dapat diperintah dengan suara melalui built in mikrofon. Fitur “Google Now” memungkinkan google glass diperintah dengan menggunakan suara kita. Bisa dipergunakan untuk mengetik kalimat pesan instan cukup dengan mengatakannya saja. Selain itu, perintah suara juga dapat dipakai untuk melakukan bermacam fungsi lain seperti menjepret foto atau melakukan pencarian via internet.

  • Kacamata Google dirancang dapat menampilkan berbagai informasi penting. Misalnya seperti diilustrasikan dalam gambar ini, di mana pengguna akan dibertahu jika ada jalur transportasi yang tidak dapat dipergunakan.

  • Juga ada fitur perpetaan untuk menunjukkan arah secara praktis. Sedangkan fitur navigasi turn by turn directions akan membimbing pengguna ke arah yang diinginkan.

  • Selain peta di luar ruangan, Google Glass juga kemungkinan bisa menunjukkan peta dalam ruangan termasuk arah untuk navigasi. Meski mungkin terbatas di gedung-gedung tertentu saja.

  • Dengan menggunakan fitur Google Latitude, user juga bisa berbagi lokasi dengan pengguna lain. Cukup berguna agar cepat menemukan teman jika melakukan janji ketemuan di keramaian.

  • Bisa digunakan untuk melihat map ketika dalam perjalanan dan dapat digunakan untuk membaca e-book seperti pada tablet

Rencananya google glass akan dirilis tahun depan. Bagi yang tertarik untuk memilikinya, siapkan uang sebesar USD 1.500 atau sekitar Rp 14 jutaan.. Karena kacamata ini akan dijual dengan kisaran harga itu… Hmm…

Referensi : http://inet.detik.com dan berbagai sumber lainnya..