Yeeeaayy.. akhirnya! setelah lama nggak ngeblog (karena sibuk mengajar, menerapkan K13.. #hallah), sepertinya kali ini saya harus mulai mengisi blog ini lagi..

Saat ini sekolah saya mulai kembali lagi ke KTSP 2006, setelah selama satu semester menjalankan Kurikulum 2013, dengan segala problema yang ada.. Dan.., sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, bahwa sekolah yang telah menjalankan Kurikulum 2013 selama 1 semester, harus kembali ke KTSP 2006.
Itu berarti, sekarang saya punya waktu lebih banyak untuk ngeblog, karena saya nggak harus berkutat dengan K13 yang membutuhkan banyak waktu untuk mempelajari materi2, yang sebagian besar adalah materi baru. Saya nggak harus menyiapkan media, menyusun RPP yang begitu detailnya, membuat bahan ajar de el el karena semua sudah siap di KTSP… (sisa2 tahun lalu.he..he..!!)

And..here we go.. going back to KTSP… I’m ready to go..! 😛

Well, kali ini saya ingin menulis tentang pembuatan aplikasi berbasis mobile Android, “Khusus untuk Siswa dan Guru”. Yah..sekali lagi…khusus untuk siswa dan guru! Jadi yang bukan siswa/guru..boleh minggir dulu ya.. 😛
Maksud saya, tulisan ini saya khususkan buat siswa dan kawan-kawan guru yang ingin bisa membuat aplikasi berbasis mobile android, tanpa direpotkan dengan script pemrograman, yang menurut sebagian mereka agak ribet 🙁
Jadi, buat kawan-kawan sudah expert dalam membuat aplikasi android..bolehlah dilewati tulisan saya ini.. 😉

Ok..langsung saja ya.. Aplikasi yang akan kita gunakan kali ini bernama App Inventor.

App Inventor merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang bersifat open source sekaligus gratis, yang dikembangkan oleh Google Labs dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). App inventor memberi kesempatan kepada kita yang awam terhadap bahasa pemrograman, untuk membuat sebuah perangkat lunak (aplikasi) untuk sistem operasi berbasis Android dengan cara yang sangat mudah, tanpa harus melakukan coding, melainkan cukup dengan melakukan drag and drop layaknya kita sedang bermain puzzle. Penasaran ‘kan :D?

Yah.. untuk membuat aplikasi android dengan menggunakan App Inventor ini, bisa kita lakukan melalui dua tahap, yaitu pertama, mendesain tampilan aplikasi yang akan dibuat (biasanya terdiri atas beberapa objek/komponen), dan kedua, menentukan perilaku (behavior) yang akan diterapkan pada objek/komponen tersebut. Kedua tahap ini dapat kita lakukan hanya dengan cara drag and drop pada objek/komponen dan perilaku yang kita inginkan.

Meski cara yang digunakan sangat mudah dan sederhana, namun hasil aplikasi android menggunakan App Inventor ini tak kalah bagus dengan aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman loh. Aplikasi yang dibuat bisa mulai dari yang sangat sederhana sampai pada aplikasi android yang kompleks. Berikut contoh hasil aplikasi android yang dibuat melalui App Inventor oleh teman-teman SEAMOLEC.

Anda penasaran??? Samma..saya juga! Ikuti tulisan saya selanjutnya ya.. 😉 Memulai App Inventor Versi Online.

Referensi:

http://appinventor.mit.edu/
http://id.wikipedia.org/wiki/Google_App_Inventor
http://www.imagnity.com/tutorials/app-inventor/