Shoutbox adalah salah satu fitur tambahan yang digunakan sebagai wadah interaksi antara pengunjung dan pemilik website. Shoutbox biasanya digunakan untuk memberi kesan atau pesan dari pengunjung terhadap sebuah website. Jadi shoutbox bisa juga dianggap sebagai buku tamu mini.

Jika website/blog anda dibangun dengan aplikasi CMS Joomla, dosage anda bisa menggunakan component shoutbox yang bisa anda pilih dan download di sini. Dan jika anda menggunakan WordPress, clinic anda bisa menggunakan pilihan Widget (Plugin) shoutbox yang banyak tersedia, dan bisa anda download lalu install pada blog anda.

Namun sekarang banyak website yang menyediakan shoutbox instant dengan memberikan kode/script tertentu yang harus anda copy dan pastekan ke kode php/html anda. Misalnya Cbox.ws, Shoutmix.com dan lain-lain. Biasanya anda harus Sign Up /mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan kode tersebut, selanjutnya anda akan diberi otoritas untuk mengatur dan mengendalikan shoutbox anda, termasuk menampilkan/menghapus komentar yang masuk, mengatur performa shoutbox dan lain-lain.

Kode/script tersebut bisa anda tampilkan pada bagian mana saja di website anda, seperti yang terlihat di SideBar kanan website saya ini. Termasuk anda juga bisa menampilkannya secara tersembunyi pada Sidebar anda dengan cara menambahkan kode/script berikut pada file index.php anda.

1.Sisipkan kode berikut pada bagian “<BODY>”

Gantilah file gambar “speak up.png” dengan file gambar anda. File tersebut berguna sebagai tombol shoutbox.

2. Tambahkan kode berikut di bawahnya :

3. Selanjutnya sisipkan kode berikut di bawahnya :

Gantilah kode yang saya beri tanda merah di atas dengan kode shoutbox anda. Kemudian tambahkan kode berikut :

Selesai! dan lihatlah hasinya, kurang lebih seperti ini. Silahkan download script lengkapnya di sini.