Bagi Anda yang mempunyai bisnis berdagang, try bisa mempromosikan dagangannya secara online melalui website yang sudah dimiliki, viagra buy dengan menggunakan fasilitas e-commerce (toko online). Jika website anda dibangun menggunakan CMS Joomla, medications maka tidak sulit untuk membuat sebuah toko online (E-COMMERCE) tersebut. Karena Joomla  mendukung sebuah Component yang berfungsi untuk membuat toko online pada website anda tersebut. Sebuah Component  Joomla yang memungkinkan anda bisa berjualan dan pengunjung bisa berbelanja secara online melalui website anda tanpa harus melakukan registrasi terlebih dahulu pada toko online tersebut. Meski demikian, informasi email dan alamat tetap harus diberikan oleh pelanggan untuk berkomunikasi dengan toko online tersebut, misalnya tentang status order. Sedangkan alamat diperlukan untuk mengirimkan produk yang dibeli kepada pelanggan. VirtueMart ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti katalog, shopping cart, checkout, dan transaksi online.

Component VirtueMart ini bisa anda install pada Joomla versi 1.5.x ke atas, dan VirtueMart versi terbaru ketika tutorial ini saya buat adalah VirtueMart versi 1.1.8. Jika tertarik, Anda bisa mendownloadnya di VirtueMart 1.1.8 (stable). Cara instalasinya sangat mudah, semudah cara  menginstall Module dan component Joomla yang lain. Jadi jika anda sudah biasa menggunakan Module/Component Joomla, maka pasti anda tidak akan kesulitan.
Sayangnya pada instalasi VirtueMart kali ini tidak bisa saya ujicobakan secara offline, jadi saya langsung menginstallnya dari backend Joomla secara Online.  Berikut ini cara instalasinya.
1. Extract-lah file VirtueMart_1.1.8-COMPLETE_PACKAGE.j15.zip yang sudah anda download. Maka akan tercipta folder VirtueMart_1.1.8-COMPLETE_PACKAGE.j15 yang isinya adalah sebagai berikut :

2. Dari Backend Joomla, Klik Menu Extension, Extension Manager.
3. Klik tombol Browse, dan Pilihlah file com_virtuemart_1.1.8.j15.zip yang ada dalam folder tersebut.

4. Selanjutny klik Upload and Install.

5. Jika proses instalasi berhasil, maka akan keluar Pesan Install Component Success dan dibawahnya akan tampil :

6. Pada bagian bawah kanan, Klik “Install sample data“, supaya anda diberi contoh penggunaan component ini. Selanjutnya akan ditampilkan jendela berikut, tanda instalasi berhasil.

7. Sekarang klik Components, Maka akan muncul sub menu baru dengan nama  VirtueMart, seperti gambar berikut :

Jika anda klik akan muncul jendela Control Panel VirtueMart dan pada jendela control panel inilah anda bisa melakukan kustomisasi toko online anda.

Jika sudah terinstall, sekarang saatnya untuk menampilkan aplikasi tersebut. Caranya sama dengan ketika anda menambahkan Buku Tamu pada website anda (Baca tutorial saya sebelumnya Membuat Buku Tamu dalam Joomla).

Pertama kita tambahkan menu Toko Online, Misalnya, pada Menu Main Menu/Top Menu. Selanjutnya jika sudah selesai anda tinggal mengatur toko anda tersebut melalui Control Panel VirtueMart.

1. Klik Menu, Main Menu. Maka akan ditampilkan jendela Menu Item Manager.
2. Klik tombol New, maka akan tampil pilihan Select Menu item Type, pilihlah VirtueMart.

Selanjutnya Isikan data seperti biasanya :

Selanjutnya Klik Save dan lihatlah hasilnya.

Sekarang tugas anda untuk melakukan kustomisasi dari Toko Online anda.
Selamat berjualan..