Konsep formulir pada Microsoft Form (yang memiliki berbagai jenis pilihan pertanyaan), memungkinkan kita untuk membuat soal kuis untuk proses penilaian saat pembelajaran. Soal kuis yang dibuat menggunakan Ms Form ini dapat menampung soal berupa teks dan gambar maupun soal berupa rumus matematika.

Soal yang telah dibuat dapat ditampilkan secara acak dan diberikan penilaian secara otomatis serta umpan balik dari guru. Kita juga dapat melakukan pengaturan waktu pengerjaan kuis, mengidentifikasi responden, melihat tampilan jawaban yang benar untuk kuis, dan melakukan pengaturan lain yang dibutuhkan.

Penerapan Microsoft Form untuk membuat kuis ini terasa lebih optimal apabila kita menggunakan akun office 365 (dengan domain organisasi/instasi sekolah). Dengan menggunakan akun office 365, kita dapat membatasi siapa saja yang dapat memberikan respon/menjawab kuis, misalnya hanya siswa dari sekolah yang bersangkutan yang dapat mengakses kuis tersebut.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat kuis online menggunakan Microsoft Form dengan menggunakan akun office 365, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka browser Anda dan ketikkan https://forms.office.com/

Note: Anda dapat melakukan pengaturan bahasa pada halaman web Microsoft menggunakan Bahasa Indonesia, silahkan baca petunjuknya di sini.

2. Loginlah menggunakan akun Microsoft atau akun Office 365 yang telah Anda miliki.

Login ke Office 365 Form 

3. Apabila login berhasil, maka akan tampil halaman seperti pada gambar berikut dan pilihlah tombol Kuis Baru.

Pilihan pembuatan Kuis Baru

Selanjutnya lengkapi Judul Kuis dan Deskripsinya seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Menambahkan Judul Kuis

Jika ingin menambahkan Logo/Gambar pada Kuis, bisa dipilih ikon Sisipkan Gambar di sebelah kanan judul kuis.

Unggahlah gambar yang akan disisipkan pada judul kuis dengan memilih tab Unggah di panel sebelah kanan, atau Anda dapat mencarinya di Onedrive atau melalui kotak pencarian BING  seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Menambahkan Gambar pada Judul Kuis

Apabila gambar sudah siap, pilih tombol Tambahkan di sebelah kanan kotak pencarian, sehingga tampilannya menjadi seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Tampilan Kuis yang telah diberi gambar

4. Pilih tombol Tambah Pertanyaan untuk mulai membuat soal kuis.

Berilah pilihan pada:

  • Pilihan, untuk membuat soal berupa pilihan ganda
  • Teks, untuk membuat soal berupa jawaban singkat
  • Peringkat, untuk membuat soal berupa rating/peringkat
  • Tanggal, untuk membuat pertanyaan dengan jawaban berupa tanggal/bulan/tahun
  • Peringkat, untuk membuat pertanyaan dengan jawaban berupa pengurutan jawaban
  • Likert, untuk membuat pertanyaan dengan jawaban berupa pilihan bertingkat

Misalnya Anda akan membuat soal berupa Pilihan Ganda, maka beri pilihan pada jenis soal Pilihan. maka akan ditampilkan jenis pertanyaan Pilihan Ganda dengan Opsi Jawaban seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Halaman soal jenis Pilihan Ganda

  • Pilih tombol Tambahkan Opsi, untuk menambahkan pilihan jawaban.
  • Pilih salah satu opsi yang menjadi JAWABAN BENAR.
  • Tambahkan nilai pada kolom Poin sesuai dengan nilai yang akan diberikan jika siswa menjawab pertanyaan dengan benar.
  • Aktifkan tombol Harus Diisi agar siswa tidak melewatkan pertanyaan tersebut.

5. Ulangi langkah 4 untuk pertanyaan selanjutnya.

6. Untuk soal jenis Matematika, Anda dapat mengatur pilihan soal Matematika pada bagian bawah opsi seperti yang terlihaat pada gambar berikut:

Selanjutnya ketikkan soal matematika pada kolom pertanyaan seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Contoh soal menggunakan rumus matematika

Berilah pilihan pada jawaban yang dianggap benar dengan memilih ikon centang seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Pemilihan jawaban benar pada soal

Anda juga dapat memberikan pesan / komentar kepada siswa yang memilih jawaban pada setiap opsi jawaban dengan memilih ikon pesan (di sebelah kiri ikon jawaban tepat).

7. Apabila semua pertanyaan telah selesai dibuat, Anda dapat mengubah Tema kuis dengan warna atau gambar yang telah disediakan melalui menu Tema.

Pilihan Tema kuis

8. Selanjutnya lakukan pengaturan pada kuis dengan memilih menu Pengaturan seperti pada gambar berikut:

9. Pada panel Pengaturan, berilah pilihan pada:

  • Tampilkan hasil otomatis, untuk melihat hasil jawaban kuis
  • Yang dapat mengisi formulir ini:
    • Siapapun yang memiliki tautan dapat merespon, jika Anda ingin memperbolehkan siapa saja, termasuk orang-orang di luar organisasi Anda, untuk mengisi kuis atau formulir Anda.
    • Hanya orang-orang di organisasi saya bisa respons, responden harus berada di organisasi Anda dan masuk untuk mengisi kuis/formulir
      • Pilih nama catatan jika Anda menginginkan setiap formulir respons untuk menyertakan nama dan alamat email dari responder. Kosongkan opsi ini jika Anda ingin memperbolehkan anonim respons ke kuis atau formulir.
      • Pilih satu respons per orang jika Anda ingin membatasi respons ke satu per orang. Kosongkan opsi ini untuk memperbolehkan responden formulir untuk mengirimkan respons lebih dari satu ke formulir. Pengaturan default adalah untuk memungkinkan beberapa respons.

Pengaturan Kuis

  • Opsi untuk tanggapan
    • Terima tanggapan, untuk mengaktifkan kuis. Kosongkan pengaturan terima tanggapan untuk menutup kuis.
    • Tanggal mulai dan selesai, untuk menentukan tanggal dan waktu saat Anda ingin memulai dan menghentikan kuis.
    • Acak Pertanyaan, untuk menampilkan pertanyaan secara acak, sehingga masing-masing siswa dapat melihat pertanyaan dalam urutan berbeda.
    • Kirim pemberitahuan dari setiap tanggapan lewat email, untuk menerima pemberitahuan email untuk setiap jawaban yang baru Anda terima
    • Anda juga bisa mengkustomisasi pesan default yang dilihat siswa setelah menjawab pertanyaan kuis.

10. Apabila pengaturan formulir telah selesai dibuat, maka Anda dapat mengirim kuis tersebut ke siswa dengan membagikan URL kuis tersebut melalui menu Bagikan seperti pada gambar berikut:

Membagikan kuis kepada siswa

Pilih tombol Salin untuk menyalin URL kuis yang akan dikirim/dibagikan dan berikan URL tersebut siswa yang diharapkan akan mengerjakan kuis tersebut.

Note: Anda dapat menyingkat URL kuis tersebut melalui situs http://gg.gg/ atau https://bitly.com/ sehingga URL terlihat lebih sederhana.

11. Untuk melihat hasilnya, Anda dapat memilih menu Pratinjau, dan pilihlah jenis perangkat yang akan digunakan untuk mengerjakan kuis.

Tentukan perangkat yang digunakan untuk Pratinjau dengan memilih Komputer atau Mobile (HP). Berikut ini tampilan kuis menggunakan perangkat Mobile/Seluler.

   

Note: Anda juga dapat mengedit kuis ini bersama-sama dengan pengguna (guru) yang lain (berkolaborasi) dengan membuat link khusus yang memungkinkan orang lain untuk menampilkan dan membuat perubahan desain kuis  Anda. Petunjuk Berbagi formulir untuk berkolaborasi dapat dilihat di sini.

Semoga bermanfaat yaa.. ?

Referensi:

https://support.office.com/