Microsoft Form merupakan salah satu fitur Microsoft Office yang dapat digunakan untuk membuat formulir untuk keperluan survei, polling atau bahkan kuis. Jika Anda pernah membuat formulir dengan menggunakan Google Form, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuat formulir menggunakan Microsoft Office Form

Satu hal – menurut saya – yang membuat Microsoft Form ini berbeda dengan aplikasi pembuat formulir yang lain adalah, Ms Form dapat di-custom sedemikian rupa sehingga tampilan formulir menjadi terlihat lebih cantik/elegan seperti yang terlihat pada halaman ini. Formulir ini saya buat saat akan menghimpun pendaftaran peserta kegiatan Hack the Classroom awal Bulan November lalu.

Nah, pada postingan kali ini saya ingin berbagi tentang cara membuat Formulir Pendaftaran online menggunakan Microsoft Office Form yang kira-kira tampilannya seperti pada tampilan halaman tersebut, berikut langkah-langkahnya:

  1. Bukalah browser Anda dan ketikkan alamat https://forms.office.com/
  2. Loginlah menggunakan akun Microsoft seperti outlook.com, hotmail.com, live.com, atau akun Office 365 yang telah Anda miliki, seperti guruinovatif.com atau akun domain sekolah (bagi sekolah yang telah men-deploy office 365 for Education).
  3. Apabila login berhasil, maka akan tampil halaman seperti pada gambar berikut dan pilihlah tombol Formulir Baru.

Pilihan pembuatan Formulir menggunakan Akun Microsoft outlook.com

Note:

Anda dapat melakukan pengaturan bahasa menggunakan Bahasa Indonesia pada halaman web Microsoft, silahkan baca petunjuknya di sini.

Selanjutnya lengkapi Judul Formulir dan Deskripsinya seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Menambahkan Judul dan Deskripsi 

Anda dapat menambahkan gambar / logo  pada formulir dengan memilih ikon Sisipkan Gambar di sebelah kanan judul kuis, sehingga hasilnya tampak seperti pada gambar berikut:

Menambahkan Logo pada Formulir

Menambahkan Logo pada Formulir dari pencarian BING

Tampilan Formulir yang telah diberi judul, deskripsi dan logo

4. Pilih tombol Tambah Pertanyaan untuk mulai membuat pertanyaan.

Jenis Pilihan Pertanyaan pada Microsoft Form

Berilah pilihan pada:

  • Pilihan, untuk membuat soal berupa pilihan ganda
  • Teks, untuk membuat soal berupa jawaban singkat
  • Peringkat, untuk membuat soal berupa rating/peringkat
  • Tanggal, untuk membuat pertanyaan dengan jawaban berupa tanggal/bulan/tahun
  • Peringkat, untuk membuat pertanyaan dengan jawaban berupa pengurutan jawaban
  • Likert, untuk membuat pertanyaan dengan jawaban berupa pilihan bertingkat

Misalnya Anda akan membuat pertanyaan dengan jawaban singkat/panjang, seperti pertanyaan yang menanyakan Nama Peserta, maka Anda dapat memilih jenis pertanyaan berupa Teks. Selanjutnya Anda dapat menuliskan pertanyaannya seperti yang tampak pada gambar berikut:

Jenis Soal Jawaban Singkat

  • Aktifkan tombol Harus Diisi agar pertanyaan tersebut tidak diletawi
  • Aktifkan tombol Jawaban Panjang untuk jawaban yang lebih dari 2 baris

Note : Formulir disimpan secara otomatis saat Anda membuatnya.

5. Ulangi langkah 4 untuk pertanyaan selanjutnya. Anda juga dapat mengelompokkan pertanyaan tertentu dengan memberikan subjudul melalui menu Subjudul, atau memberikan batasan nilai (range) pada jawaban berupa angka dengan memilih Batasan seperti terlihat pada gambar berikut:

Pilihan Subjudul dan Batasan jawaban pada formulir

Pembatasan angka pada formulir

6. Apabila semua pertanyaan telah selesai dibuat, Anda dapat mengubah Tema formulir dengan warna atau gambar yang telah disediakan melalui menu Tema.

Pilihan Tema pada Form

7. Selanjutnya lakukan pengaturan pada formulir dengan memilih menu Pengaturan seperti pada gambar berikut:

Menu pengaturan pada Ms Form

8. Pada panel Pengaturan, berilah pilihan pada:

Pengaturan Form

9. Apabila pengaturan formulir telah selesai dibuat, maka Anda dapat mengirim dan mengundang orang lain untuk merespons formulir tersebut dengan memilih menu Bagikan seperti pada gambar berikut:

Membagikan formulir kepada orang lain

Pilih tombol Salin untuk menyalin URL formulir yang akan dikirim/dibagikan dan berikan URL tersebut kepada teman atau orang lain yang diharapkan untuk mengisi formulir tersebut.

Note: Anda dapat menyingkat URL formulir tersebut melalui situs http://gg.gg/ atau https://bitly.com/ sehingga URL terlihat lebih sederhana.

10. Apabila formulir yang telah dibagikan ingin ditutup, maka Anda dapat menghilangkan tanda centang pada pilihan Terima tanggapan sehingga orang lain tidak bisa lagi memberikan respon terhadap formulir tersebut.

11. Untuk melihat hasilnya, Anda dapat memilih menu Pratinjau, dan pilihlah jenis perangkat yang akan digunakan untuk mengisi formulir.

Tampilan menu Pratinjau

Tampilan formulir menggunakan perangkat seluler

Note: Anda juga dapat mengedit formulir ini bersama-sama dengan pengguna yang lain (berkolaborasi) membuat link khusus yang memungkinkan orang lain untuk menampilkan dan membuat perubahan desain kuis atau formulir Anda. Petunjuk Berbagi formulir untuk berkolaborasi dapat dilihat di sini.

https://support.office.com/id-id/article/berbagi-formulir-untuk-berkolaborasi-d5bb5cf0-8401-4c15-bb8c-8e108cd7e69b

 

Selesai! Semoga bermanfaat yaa.. 😉

Referensi:

https://support.office.com/