Menu pada WordPress yang saya maksud di sini adalah Semua menu yang ditampilkan Baik pada Bagian atas Blog (Top Menu) maupun pada pada bagian Sisi kiri dan kanan (Sidebar) Blog WP anda.

Defaultnya, pilule WordPress akan menampilkan Page/Halaman yang Anda buat (bukan Postingan loh ya..) pada Menu bagian Atas. Jadi ketika anda membuat Page baru, more about maka page itu secara otomatis akan ditampilkan pada Menu atas. Sedangkan untuk menu di Sidebar, WP biasanya hanya menyediakan Menu Standard, seperti ArchivesBlogroll, Category dan seterusnya yang merupakan bawaan WP.

Nah, jika anda ingin menampilkan Menu dengan pilihan menu yang berupa Page atau Category atau berupa Link, maka anda harus mengelompokkan page/category/link yang ingin anda tampilkan tersebut kedalam satu kelompok menu tertentu. Artinya, Anda harus membuat Sebuah Menu dengan isi/pilihan page/category/link yang dimaksud. Bagaimana caranya? Yuk..Langsung ke TKP!

1. Loginlah ke Dashbord anda dan Pastikan Page/Category/Link yang akan menjadi isi dari menu tersebut sudah anda buat sebelumnya. Jadi, tinggal pakai.

2. Selanjutnya ke Appereance, Menus dan pada bagian Menu Name, ketikkan Nama menunya, Misalnya Top Menu. Dan Klik Tombol Create Menu.

  

3. Selanjutnya pada bagian kiri bawah, Pilihlah Page yang akan ditampilkan pada Top Menu pada bagian Pages dan Category pada bagian Categories dengan memberi tanda Checklist (centang) pada Page dan Category yang dimaksud, dan klik tombol Add to Menu. Maka page/category yang baru saja anda pilih akan ditambahkan ke Top Menu.

4.  Ulangi langkah 3 untuk memilih page/category yang lain.

5.  Jika sudah, Klik tombol Save Menu.

6. Langkah terakhir adalah menampilkan Menu tersebut. Pada Theme Location, Pilihlah nama menu yang akan ditampilkan pada Menu Atas blog anda. Misalnya Top Menu yang baru kita buat.

7. Dan Klik tombol Save.

8. Selesai! Silahkan  buka browser anda dan ketikkan domain anda. Pasti sudah muncul Menu yang baru saja anda buat.

Selamat mencoba… 🙂

http://youtu.be/JWR8SBEaQTM