Meski saya banyak menuliskan tutorial tentang Joomla pada blog saya ini, tapi percayalah bahwa sampai saat ini sayaย  lebih tertarik menggunakan WordPress dari pada Joomla ๐Ÿ™‚ Wah, jadi ingat tulisan saya tempoe doeloeMau Pilih Joomla atau WordPress??

Dan semakin ke sini, ternyata WordPress semakin ‘jauh’ meninggalkan Joomla (dalam hal kesederhanaannya pada penggunaan Plugin yang sama).

Satu lagi plugin yang saya pilih untuk membuat buku tamu pada WordPress, yaitu DMS Guestbook Plugin. Tapi, sebelum anda melanjutkan membaca tulisan ini, Anda perlu melihat hasil pemanfaatan plugin ini di sini. Supaya anda tahu gambarannya ๐Ÿ™‚

DMS Guestbookย  adalah plugin yang digunakan untuk membuat buku tamu (guestbook) pada halaman WordPress anda. Dengan menggunakan plugin ini anda bisa membuat sebuah halaman buku tamu dengan sangat mudah dan tidak ribet.

Nih dia langkah-langkahnya :

1. Downloadnya terlebih duhulu plugin DMS Guestbook .

2. Instal-lah plugin tersebut dengan cara klik Plugins > Add New (saya yakin anda sudah bisa cara instalasi plugin, saya lewati bagian ini)

3. Aktifkan Plugin tersebut dengan mengeklik tombol Activate Plugin. Maka Menu pada Dashboard akan bertambah :

Selanjutnya adalah :

4. Buatlah sebuah Page (halaman baru) dengan nama Buku Tamu dengan cara Klik Page > Add New (saya yakin anda sudah bisa cara membuat page baru, maka lagi2 saya lewati bagian ini)

5. Kembali ke Plugin DMS Guestbook, klik DMS Guestbook > Guestbook Settings. Maka akan tampil Beberapa menu pilihan, pilih saja BASIC.

Klik tombol Clear All.

Pada Kolom Language, pilih English.

Geser halaman ke bawah dan pilihlah Page Buku Tamu yang sudah anda buat sebelumnya, dan aktifkan dengan menge-klik tombol radio button pada Activate this guestbook as super guestbook*

6. Klik SAVE.

Untuk melihat hasilnya, bukalah Page Buku Tamu, Maka akan ditampil buku tamu yang baru saja anda buat. Seperti terlihat pada contoh di sini.

  • Untuk mengatur tampilan Page Buku Tamu supaya tampil pada Sidebar atau Menu atas, silahkan baca tulisan saya Membuat Custom Menu pada WordPress.
  • Untuk me-manage data buku tamu yang ada, klik DMSGuestbook > Entries.

Yah, itu saja. Simple kan?? Monggo dicoba…