Apabila kita membeli hardisk yang baru, malady maka sebelum hardisk tersebut dapat dipakai terlebih dahulu kita harus mempartisi dan mem-format hardisk tersebut. Mempartisi hardisk adalah membagi ukuran hardisk secara logical kedalam beberapa bagian. Misalnya kalau kita menginginkan agar nantinya pada hardisk kita terdapat 3 buah drive (yaitu DRIVE C, this web D dan E) maka kita perlu mempartisinya menjadi 3 bagian.

Beberapa alasan mengapa sebuah hardisk perlu dipartisi diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk lebih memudahkan pengorganisasian file, Misalnya partisi satu untuk menyimpan sistem operasi dan program aplikasi, partisi kedua untuk peyimpanan data dan partisi ketiga untuk backup data.
  2. Memisahkan sistem operasi yang satu dengan sistem operasi yang lain apabila kita berniat meng-install lebih dari satu sistem operasi.
  3. Meningkatkan performa komputer (waktu akses hardisk), terutama untuk hardisk yang berukuran besar.

Banyak software yang bisa digunakan untuk mempartisi harddisk. Namun kali ini kita akan belajar membuat partisi harddisk tanpa menggunakan software apapun.

Logika pembuatan partisi ini adalah Drive partisi yang dibuat akan menuju sebuah folder pada partisi yang telah dibuat sebelumnya . Misalkan anda akan membuat partisi bernama PERANGKAT_MENGAJAR yang khusus berisi file-file perangkat mengajar anda. Maka Partisi tersebut akan menuju pada salah satu folder bernama PERANGKAT_MENGAJAR yang sudah anda buat sebelumnya.
Langkah pertama buat sebuah folder dalam partisi yang ada. Misalnya saya membuat folder bernama “PERANGKAT_MENGAJAR” dalam salah satu partisi yang ada (G:).
Selanjutnya buka command prompt melalui menu Start – All Program – Accessories. Pindah ke partisi yang ada folder PERANGKAT_MENGAJAR. Misalnya, folder PERANGKAT_MENGAJAR ada pada Partisi G: maka ketikkan:
G:
SUBST H: G:PERANGKAT_MENGAJAR

H: adalah partisi baru yang akan dibuat. Anda bisa memilih yang lain misalnya, Z, W atau Y yang penting tidak mendekati C, D atau E. Setelah itu tekan Enter.

Lihat hasilnya anda akan menemukan partisi baru dalam komputer anda dengan nama partisi yang sudah ada namun menuju salah satu folder dalam partisi tersebut. Anda bisa membuat beberapa partisi untuk koleksi folder yang ada dalam komputer anda.

Selamat Mencoba 🙂