Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk melakukan interaksi dengan pengunjung website kita, dosage salah satunya adalah dengan berdialog secara langsung via media chatting (baik YM!, Skype, CBox, Shoutbox dan seterusnya) yang banyak bertebaran di internet.

Salah satu media chatting yang bisa anda gunakan selain media di atas adalah Chatwing. Chatwing adalah sebuah fasilitas/widget chat online berbasis Facebook/Twitter yang bisa kita tempelkan pada blog kita. Saya katakan berbasis Facebook/Twitter, karena kita bisa langsung melakukan chatting dengan pengunjung melalui akun Facebook/Twitter kita.

Cara membuat chatwing ini sangat mudah, dengan step standard yang biasa kita lakukan ketika kita mendaftarkan sebuah Widget. Berikut langkah-langkahnya :

Mendapatkan Embed Code Chatwing

1. Bukalah browser anda dan ketikkan http://chatwing.com, maka halaman depan Chatwing akan ditampilkan.

2. Klik tombol Get Chatwing. Maka kotak dialog Register New Account akan ditampilkan. Isilah Email dan Password untuk login di Chatwing nantinya, dan beri tanda centang pada Agree to TOS and License.

3. Selanjutnya akan ditampilkan Halaman Chatwing Admin. Pada halaman ini anda bisa mengatur tampilan Chatwing yang akan disisipkan ke blog anda pada bagian Basic Customization (Chatbox color, Backsground image, font, audio, dan other styles).

4. Pada bagian kanan (chatbox alias), isilah dengan nama URL untuk chatwing nantinya, misalnya “Amiroh“, maka akan didapat URL chatwing http://chatwing.com/amiroh.

5. Dan pada chatbox options, lakukan pengaturan pada General (memberi nama chatbox), Moderator, Filter, Login methods (menentukan login user) dan seterusnya.

6. Jika sudah, Klik tombol Save di bagian bawah kiri halaman.

7. Selanjutnya, Klik Use Chatbox untuk memperoleh embed code-nya. Pada bagian Embedded, tentukan lebar dan tinggi Chatwing dan copylah kode yang ada di bawahnya.

Kode ini-lah yang akan anda sisipkan pada Widget WordPress (Tipe Text) blog anda.

8. Klik Save.

Menampilkan Chatwing pada Widget WP:

1. Loginlah ke dashboard WordPress anda.

2. Klik Appereance > Widgets > Pilih Text Widget.

3. Pastelah kode chatwing yang telah di copy sebelumnya pada kolom Widget text ini.

4. Klik Save.

Untuk melihat hasilnya, Refresh blog wordpress anda.

Done! Fasilitas Chatting Online anda akan ditampilkan pada deretan Widget WordPress anda.

Selamat mencoba 😀