http://www.probewise.com/

ID Kategori/Postingan adalah angka unik yang biasa digunakan untuk menandai/memberi nomor sebuah kategori ataupun postingan pada blog kita. ID ini akan diberikan secara otomatis sesaat ketika kita membuat sebuah kategori/postingan baru. ID kategori/postingan biasanya tidak selalu berurutan, pilule sehingga kita tidak bisa menebak-nebak ID kategori/postingan tertentu.

By default, wordpress tidak menampilkan ID postingan maupun jenis kategori yang telah kita buat. Padahal, kadang kala kita perlu mengetahui ID sebuah kategori/postingan untuk keperluan tertentu.

Saya sendiri biasanya perlu mengetahui ID kategori dan postingan ini untuk mengatur jenis postingan yang ingin saya tampilkan di halaman depan blog, seperti tampilan Featured Post Slider pada bagian depan blog saya ini. Kebetulan theme yang saya gunakan ini  tidak menampilkan daftar nama kategori/postingan dan hanya meminta ID-nya untuk mengatur tampilannya. Sehingga mau nggak mau, saya harus mengetahui ID setiap jenis kategori dan postingan yang ada pada blog saya ini.

Berikut cara cepat untuk mengetahui ID kategori/postingan di blog kita:

1. Pada daftar kategori/postingan, arahkan kursor pada kategori/postingan yang ingin diketahui ID-nya.

2. Selanjutnya lihat pada bagian bawah browser (status bar), akan terlihat URL dari kategori/postingan tersebut yang berisi id dari kategori yang saat ini sedang ditunjuk oleh kursor.

Cara yang sama juga dapat digunakan untuk mengetahui ID postingan yang sudah kita buat di blog WordPress kita.

Selain dengan cara di atas, kita juga dapat mengetahui ID kategori postingan dengan menggunakan Plugin WP Catch ID. Untuk petunjuk Instalasi Plugin di WordPress, silahkan simak tulisan jadul saya yah..hehe.

Monggo dicoba.. 🙂