Ada banyak pilihan untuk membuat kuis di Moodle. Anda bisa membuatnya secara langsung dari Halaman Quiz di Moodle (baca tutorial Membuat Kuis Interaktif di Moodle) atau anda bisa membuat kuis dari Software pembuat kuis lain kemudian menguploadnya ke Moodle.

Di antara software pembuat kuis yang disupport oleh Moodle adalah Quiz Creator (baca Tutorial Ayo Mulai Membuat Quiz Interaktif).

Berikut cara meng-upload kuis yang dibuat menggunakan Quiz Creator ke Moodle.

1. Siapkan file kuis yang akan kita upload. Pastikan file tersebutย  sudah ter-publish ke dalam format LMS (SCORM 1.2). Jika belum, more about bukalah kembali file master kuis yang berformat .wqc dan publish-lah ke dalam format LMS (SCORM 1.2). Maka anda akan mendapatkan beberapa File dan 1 file berformat .zip. File inilah yang nantinya akan kita upload (import) ke Moodle.

2. Loginlah sebagai Administrator di Moodle dan Masuklah pada Course (Mata Pelajaran, dimana anda ingin menyisipkan kuis).

3. Buatlah Aktivitas baru berupa SCORM Package.

3. Selanjutnya akan muncul Kotak dialog berikut :

Name : Nama Aktivitas Anda, Misalnya Kuis Jaringan Komputer

Description : Penjelasan Kuis anda

Klik tombol Choose a file pada Package file, dan Browse untuk memilih file kuis yang berformat .zip

5. Jika sudah dipilih, klik tombol Upload this file. dan tunggu sebentar…(Sambil menunggu, monggo..tehnya di unjuk dulu… ๐Ÿ˜‰ )

6. Jika upload berhasil akam muncul nama file zip yang baru saja diupload persisi di bawah tombol Choose a file..

7. Selanjutnya, lakukan pengaturan kuis pada Other Setting dan Common Module Setting, atau biarkan saja seperti defaultnya.

8. Klik Save and Display

Ada 2 pilihan Mode Tampilan yaitu Mode Normal dan Preview, silahkan dipilih…dan Klik Tombol Enter.

Jika anda memilih mode Normal maka tampilan akan terlihat seperti berikut :

Mudah kan? ๐Ÿ˜‰ Uuaaaghhhh…ngantuks..