Plugin merupakan fungsi (program) atau fitur tambahan (adds on) yang digabungkan ke sebuah sistem untuk menambah kemampuan dan kinerja dari sistem itu.

Jadi Plugin WordPress merupakan file tambahan yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan WordPress dan juga dapat digunakan untuk menambah fasilitas- fasilitas baru di WordPress, sehingga WordPress dapat bekerja dengan lebih sempurna dan lebih baik sesuai dengan keinginan kita.

Misalnya, ketika kita ingin menampilkan gambar/foto) kita, maka kita gunakan Plugin Image slider. Atau ketika kita ingin menambahkan captcha pada setiap komentar, maka kita gunakan Plugin amcaptcha dan seterusnya.

Untuk menambahkan (menginstal) Plugin pada WordPress dan mengaktifkannya, ikuti langkah berikut:

1. Download-lah Plugin yang dimaksud dari situs resminya WordPress. File Plugin biasanya berupa File berformat .zip dengan kapasitas  file yang relative tidak terlalu besar.

2. Loginlah ke Dashboard anda dan Pilih Plugins, Add New. Maka akan ditampilkan halaman berikut :

3. Pilih Upload, Browse dan pilihlah file Plugin berformat .zip yang diinginkan dan klik Upload.

4. Tunggu sebentar…Jika proses upload berhasil, maka akan muncul pilihan Activate Plugin. Kliklah pilihan tersebut untuk mengaktifkan Plugin.

5. Selesai..

Langkah selanjutnya adalah menampilkan Plugin tersebut. Setiap plugin mempunyai pengaturan tampilan yang berbeda-beda, tergantung pada kegunaannya. Jadi pastikan anda membaca panduan instalasinya pada saat anda mendownload plugin tersebut.

Untuk menon-aktifkan Plugin, Klik-lah pilihan Deactivate pada deretan Plugin yang dimaksud.

Mudah kan? Selamat mencoba…