Bagi saya, pills website yang menarik tidak hanya terletak pada content yang baik, tetapi juga harus diimbangi dengan tampilan yang menawan pula. Kata pepatah, penampilan mencerminkan kepribadian..(cie..)
Yah, diakui atau tidak, alasan seorang mengunjungi sebuah website, adalah karena dia tertarik pada content yang ada di dalamnya. Namun terlepas dari itu, bagi seorang web master tampilan sebuah website adalah hal paling utama agar pelanggan tertarik untuk membuatkan website melalui jasanya. Selanjutnya pelanggan bisa menentukan content yang sesuai dengan kebutuhannya.
Nah, Ketika Anda menggunakan Aplikasi Web design dengan CMS Joomla, Anda akan dihadapkan dengan banyak pilihan Template, mulai dari yang sederhana sampai ke yang Professional. Tugas anda untuk menginstalnya dan memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan. Daftar template joomla 1.6 bisa Anda download di sini. Pastikan Anda mendownload template yang sesuai dengan Versi Joomla yang Anda gunakan. Sebab jika tidak maka akan terjadi kesalahan pada waktu penginstalan.

Jika Anda sudah mendownloadnya, berikut cara instalasi template tersebut. Kali ini saya akan menginstal Template jm-pink-flower-1.6.1.zip yang sudah saya download sebelumnya.
1. Masuklah ke BackEnd joomla dengan login sebagai Administrator.
2. KLik menu Extension, Extension Manager. Maka jendela Extension Manager : Install akan ditampilkan.

Klik tombol Browse, dan pilihlah template dalam format ZIP yang telah anda didownload tersebut. Selanjutnya klik tombol Upload & Install.
3. Jika proses instalasi berhasil, maka akan muncul tampilan berikut :

Cara mengaktifkan template yang baru saja diinstall adalah :

1. Klik menu Extension, Template Manager.

Pada Tab Styles dan Template, berisi daftar Template yang sudah terinstal.
2. Berilah tanda checklist pada nama template yang akan diaktifkan.
3. Jika sudah, KLik tombol Make default di bagian atas 

4. Lihat perubahannya dengan mengeklik View Site pada bagian atas jendela.
Selanjutnya, tugas anda untuk memodifikasi template yang ada sesuai dengan kebutuhan. Tutorial selanjutnya akan memandu Anda dalam memodifikasi Template yang ada. Tunggu ya..