Ketika anda menyalakan komputer dengan menekan tombol Power, maka segera pocessor akan menjalankan BIOS, kemudian BIOS melakukan POST (power-on-self test), yaitu memeriksa atau mengecek semua hardware yang ada. Kegiatan ini bisa dilakukan, jika setting BIOS benar. Selanjutnya BIOS akan mencari disk boot untuk menjalankan sistem operasi. Jika ditemukan, maka Sistem operasi berjalan dan siap digunakan.

Jika anda menggunakan Sistem operasi Windows 7, maka ketika booting akan ditampilkan Logo Windows 7 dengan teks ©Microsoft Corporation di bawahnya. Anda bisa mengubah Logo windows? ini dengan gambar lain yang anda sukai, misalnya foto anda, keluarga, atau artis kesayangan anda dengan menggunakan sebuah software khusus. Seperti gambar berikut :

Adalah Win7BootUpdater sebuah aplikasi portable yang bisa Anda gunakan untuk mengganti tampilan animasi boot screen Windows 7 dengan gambar animasi (bergerak) atau pun gambar statis (tidak bergerak). Anda juga bisa merubah tulisan default Microsoft Corporation sesuai dengan keinginan Anda.

Namun, Sebelum menjalankan programnya, ketikkan perintah berikut di command prompt:

bcdedit /set {bootmgr} testsigning on

Fungsi perintah ini akan mengaktifkan fitur test signing ? untuk menghindari masalah dari mengunakan perangkat lunak ini. Berikut ini adalah cara menggunakan Windows 7 Boot Updater untuk merubah animasi boot screen Windows 7 Anda.
1. Jika Anda belum mempunyai gambar animasi, download contoh gambar animasi boot screen di sini. Ekstrak file download dan Anda akan mendapatkan 2 folder (complete dan pieces).
2. Di dalam folder complete terdapat satu file gambar animasi bitmap (.bmp), nah gambar inilah yang nantinya digunakan untuk menggantikan boot screen default Windows 7.
3. Download Windows 7 Boot Screen untuk versi Windows 7 32-bit atau 64-bit.
4. Jalankan program dengan mengeklik Win7BootUpdater.exe. Maka akan tampil kotak dialog berikut :


Pada kotak dialog tersebut, anda bisa :

Mengubah animasi boot
Mengubah teks boot Starting Windows dan Microsoft Corporation?
Dapat mengkompilasi animasi dari file 105 BMP, PNG, GIF, atau gambar TIFF
Tidak memerlukan aplikasi lain (seperti ImageX)
Dirancang untuk menjadi lugu dengan memiliki banyak cek list.
Secara otomatis membackup file winload.exe yang dimodifikasi dan bootres.dll
Dapat dijalankan sebagai GUI atau perintah program dalam mode teks
Berjalan untuk versi 32-bit atau 64-bit Windows 7
Banyak hal-hal kecil lainnya (misalnya memaksa cap waktunya) agar sama dengan aslinya.

5. Jika Anda ingin mengganti boot screen dengan gambar statis (tidak bergerak), klik pada Static Image kemudian browse lokasi gambar Anda dan pilih gambar yang Anda inginkan.

6. Jika Anda ingin menampilkan gambar animasi (bergerak), klik pada Animation, browse folder yang berisi gambar bergerak. Dalam contoh ini pilih folder complete (seperti yang di jelaskan pada langkah 1 dan 2 di atas) klik open folder.
7. Untuk melihat (preview) perubahan boot screen klik pada Play di kanan bawah program.
8. Jika perubahan boot screen dirasa sudah sesuai keinginan Anda baru lah klik Apply untuk menerapkan perubahan.
9. Keluar dari program dan lakukan Restart komputer untuk melihat perubahan yang terjadi pada tampilan boot screen Windows 7 Anda.
Selamat mencoba.