Hal pertama yang biasa saya lakukan setelah menginstal Joomla adalah mengganti baju (theme) Joomla. Bagi saya, information pills menentukan Template Joomla merupakan bagian yang sangat penting, visit this site sebab penampilan blog sangat menentukan kenyamanan owner dan user (visitor).

Pemilihan Template? pada Joomla, apalagi untuk Joomla 3, biasanya memakan waktu yang cukup lama, karena belum banyak Template? yang disupport/disediakan untuk Joomla 3.x Meski begitu, beberapa Template? Joomla 2.5, bisa anda gunakan (compatible) untuk joomla 3. Dan salah satu website favorit saya untuk memilih-milih Template Joomla adalah Siteground.com.

Pada situs ini, untuk melakukan download theme, anda harus melakukan Registrasi untuk mendapatkan download link-nya. Download link akan dikirm ke e-mail, dan selanjutnya anda bisa memulai mendownload Template yang anda inginkan.

Selanjutnya untuk mengganti Template Joomla dengan theme yang baru saja anda download, ikuti langkah berikut :

1. Loginlah ke BackEnd Joomla dengan mengetik http://namadomain/administrator atau http://localhost/Joomla/Administrator.

2. Klik Menu Extensions > Extension Manager.

3. Pada Tab Install, anda memiliki 3 pilihan metode instalasi (ini yang berbeda dari Joomla versi sebelumnya) berdasarkan source installernya, yaitu Upload Package File, Install from Directory dan Install From URL.

Jika anda ? sudah memiliki file Template berformat .zip, maka anda bisa memilih? Upload Package File.

3. Klik Choose file/Browse untuk memilih? file template berformat .zip dan klik Upload & Install.

Catatan : Jika file Theme .zip yang sudah didownload ada tulisan “UNPACKFIRST“, maka file tersebut harus anda extract terlebih dahulu untuk mendapatkan file theme yang akan diinstal. Jika tidak, maka instalasi theme tidak akan berhasil.

3. Jika instal theme berhasil, maka akan muncul pesan “Installing template was successful” dan di bagian bawah akan terlihat logo Theme yang baru saja diinstal.

4. Selanjutnya untuk mengaktifkan Theme tersebut, Silahkan klik Extensions, Template Manager.

5. Pada daftar template yang ada, beri tanda centang pada? theme yang baru saja anda install, dan klik tanda bintang pada bagian kanan (Set Default).

6. Untuk melihat perubahannya, Refreshlah halaman Site Joomla atau ketik http://localhost/joomla. Maka template yang lama akan berganti menjadi template baru.

Mudah kan? Mudah-mudahan bermanfaat 😀