Joomla menyediakan beberapa level user dengan masing-masing hak akses yang berbeda (baik pada FrontEnd maupun BackEnd Joomla) yang bisa anda tentukan berdasarkan kebutuhan / kepentingan setiap user.

Ketika anda menginstal Joomla pertama kali, pilule maka dapat dipastikan bahwa anda memiliki hak akses user yang tidak terbatas atau dalam Joomla  disebut Super Administrator (Salah satu level tertinggi pada Joomla). Pada status ini anda bisa melakukan hampir seluruh hak akses yang diperbolehkan pada Joomla, more about termasuk membuat user baru dan menentukan hak akses user tersebut.

Pada Joomla, pharm di samping Level Super Administrator, ada beberapa level user  lain, seperti :

Public Frontend
– Registered
— Author
— Editor
—-Publisher

Public Backend

– Manager
— Administrator
—Super Administrator

Maka ketika anda ingin membuat user account baru, maka anda bisa menentukan level user tersebut berdasarkan hak akses yang ingin anda berikan pada user tersebut.

Jika anda belum tahu hak akses yang masing-masing level user, berikut saya sajikan tabel hak akses yang dimiliki setiap level user Joomla yang bisa anda jadikan acuan, baik pada FrontEnd maupun BackEnd:

Dari tabel di atas anda bisa menentukan pada level mana seorang user diposisikan, sesuai dengan status user terhadap sebuah website.

Mudah-mudahan bermanfaat ya… 😀