Yah, Beginilah nasib guru TIK, dianggap tahu segalanya tentang komputer..Pahadal sama saja! Kalau nggak banyak baca, ya tell me juga. Termasuk ketika ditanya teman, kalau nggak bisa jawab, pasti ujung-ujungnya ke dukun juga .. he..he.. 😉 ke Mbah Google, maksudnya!  Malah, kadang-kadang jadi makelar dadakan juga…, Duh!
Suatu hari, saya dimintai tolong sama teman mbelikan sebuah netbook. Ya, saya belikan aja yang sesuai dengan budget. Setelah memilah-milih, akhirnya dapat yang Intel N450 dan pake SO Windows 7 starter. Saya baru tahu kalau di Win7 Starter itu tidak ada fasilitas Personalization, untuk mengganti wallpaper. Padahal dia tuh, orangnya narsis banget (kayak saya..he..he), pengennya semua fotonya tampil di desktop…
Akhirnya, menjadi resiko orang baik (cie…) harus menyenangkan orang lain, apalagi teman.
Nah, Setelah curhat ke Mbah Google, akhirnya dapat juga caranya. Oh ya, barang kali Anda punya masalah yang sama dengan teman saya itu, Bilang saja kalau dia harus mengupgrade Windows-nya ke versi yang lebih unggul misalnnya ke Windows 7 Home Basic atau Windows 7 Home Premium, atau Windows 7 Professional atau yang Ultimate, tetapi tentu saja dia harus mengeluarkan uang untuk itu. Tapi, kalau teman Anda ingin yang gratisan, nih..saya share caranya..

Ada cara cerdas yang bisa dilakukan untuk mengganti Wallpaper tersebut tanpa harus meng-upgrade Windows 7 Starter kita, yaitu dengan menggunakan installer Oceanis Change Background Windows 7 atau anda juga bisa pake Starter Background Changer.
Cara penggunaannya adalah :
1. Ekstrak file ZIP yang telah anda download tadi. Dan Jalankan file Setup.exe, maka aka tampil kotak dialog berikut:

2. Klik Next,  dan ikuti proses instalasi sampai selesai.

3. Jika sudah selesai, Restart PC/notebook/netbook anda.

Setelah anda melakukan restart, wallpaper default Windows 7 akan berubah menjadi logo oceanis software. Anda dapat merubahnya dengan cara menjalankan software Oceanis Change Background Windows 7 yang ada di desktop

Cari folder tempat file picture yang ingin anda gunakan sebagai background/wallpaper.

Pilih gambar yang ingin anda jadikan sebagai background/wallpaper. Anda juga dapat memilih beberapa setting seperti slide show dan menentukan pilihan yang lain.

Klik Save Changes Sekarang background/wallpaper berubah sesuai dengan selera anda.

Selamat bergabung di jam’iyah Narsisiyah :), dan nikmati foto-foto keren Anda dilayar laptop Anda.