Gema suara takbir menyambut Hari Raya Idul Adha serasa menambah suasana haru di hati ini. Setelah dua hari ini diselimuti perasaan ‘galau‘ akibat sesuatu yang tidak jelas.

Perasaan galau setelah mendapatkan email dari pihak hosting, kalau Acount Hosting saya memberatkan server hosting, dan akhirnya di-Suspend… Blog tidak bisa diakses!!.. hufh!

Awalnya saya berpikir, mungkinkah Traffic yang tinggi bisa menyebabkan kerja server menjadi berat?

Yah, akhir-akhir ini pengunjung blog ini memang bertambah. Tapi…. Rasanya kok nggak masuk akal, jika pengunjung yang banyak bisa memperberat server hosting (kecuali kalau memang aksesnya bersamaan).

Maka mau tidak mau saya pun mengetuk pintu Cpanel saya, setelah sekian lama tidak mengunjunginya.

Daaaan… tahukah saudara2, apa yang kulihat? Ada hantunya kah….??

Bukaaaan…, Space Disk hosting saya, tiba2 full! Maka sayapun langsung menuju icon “Disk Space Usage ” untuk melihat besarnya pemakaian disk space hosting saya. Dan ternyata  space yang paling tinggi diraih oleh folder “mail“.. hmmm…

***satu belum terselesaikan.. timbul masalah lagi***, pikir saya.

Aneh! padahal saya tidak memanfaatkan layanan webmail sama sekali.. kenapa jadi penuh?? saya pun hanya bisa nyegir plus geleng-geleng kepala (tanpa bilang Wow! loh.. ), sembari terus mengkomunikasikan hal ini pada pihak hosting.

Dan setelah saya login ke Webmail, ternyata inbox webmail saya penuh dengan email Cron Jobs.

Email Cron Job adalah semacam email notifikasi atas dikerjakannya perintah-perintah cron yang sudah kita definisikan pada Cron Jobs Cpanel. Sedangkan Cron Job sendiri merupakan salah satu layanan yang terdapat pada cpanel yang digunakan untuk menjalankan perintah-perintah tertentu  secara otomatis dan dalam waktu yang sudah didefinisikan sebelumnya. Misalnya, kita ingin supaya file-file temporary setiap 15 menit akan dihapus, maka kita bisa mendefinisikan perintah untuk menghapus file-file tersebut secara otomatis, melalui Cron Job ini. Perintah Cron ini biasanya menggunakan perintah-perintah Linux.

Nah, setiap cron melakukan tugasnya, dia akan mengirimkan notifikasi ke email, yang sudah ditentukan sebelumnya.

Email notifikasi ini kalau dibiarkan, akan memenuhi webmail kita, sehingga menyebabkan space hosting kita cepat penuh. Maka jalan satu satunya adalah menghadang email ini dengan menghentikan/menon-aktifkan supaya dia tidak terus-terusan kirim notifikasi ke webmail kita, atau menghapus perintah cron yang ada.

Gimana caranya?? Nih..dia caranya (kebanyakan prolog…he..he..) :

Cara Menghentikan Pengiriman Email Notifikasi Cron Jobs :

1. Loginlah ke cpanel anda.

2. Gulunglah layar browser dan carilah Advance > Cron jobs dan kliklah.

3. Pada bagian Cron email, klik more dan kosongkan pada bagian Email, klik Update Email.

Maka Current Email, menjadi kosong.

Sedangkan cara untuk menghapus Cron Jobs yang sudah ada :

4. Pada bagian Current Cron Job, Klik Delete di sebelah kanan perintah cron job. Jika ada konfirmasi penghapusan, klik Delete lagi.

Lakukan hal sama untuk perintah Cron job yang lain, sampai Current Cron Jobs menjadi kosong.

Jika sudah, maka tidak akan ada email notifikasi Cron Job ke email anda.

Lantas.. gimana cara menghapus email notifikasi cron job yang sudah menumpuk di inbox kita?

Ikuti tutorial selanjutnya, Cara Menghapus Over Quota Email di Cpanel.

Mudah-mudahan bermanfaat.. 😀 Selamat bakar-bakar Sate!