Sebelumnya saya pikir dengan mengaktifkan Plugin Aksimet WordPress punya, dan mengaktifkan Spam Assassin di cpanel, termasuk Captcha pada setiap form komentar blog, maka account hosting saya akan aman dari serbuan spam (mailmass). Eh, ternyata tidak juga!

Serbuan email notifikasi yang disebabkan oleh Cron Jobs yang aktif, ternyata bisa menyebabkan space disk hosting kita penuh. Seperti yang saya alami sebelumnya (Baca Menon-aktifkan Cron Jobs di Cpanel).

Dan jika ini dibiarkan, maka yang terjadi selanjutnya, biasanya akan ada notifikasi “Over Quota” dan blog tidak bisa diakses. Maka untuk mengembalikan space hosting (Webmail) yang termakan oleh spam/mailmass, maka kita bisa melakukan cara manual, yaitu menghapus email tersebut satu per satu, sampai isi inbox menjadi kosong.

Menghapus email yang jumlahnya ribuan bahkan puluhan ribu secara manual, tentu akan sangat melelahkan. Maka jika anda tidak ingin capek2 dibuatnya, maka anda bisa mengikuti langkah mudah berikut :

1. Loginlah ke Cpanel dan Klik icon File Manager

2. Pilih Home dan centang Show Hidden Files, selanjutnya klik Go.

3. Carilah folder Mail (biasanya di home).

4. Hapuslah semua isi folder Draft, Trash, Sent dan seterusnya yang menurut anda tidak penting (termasuk folder new, cur dan tmp yang ada), dengan mengeklik file/folder tersebut dan klik tombol Delete.

Jika sudah, silahkan lihat kembali disk space usage hosting pada cpanel. Folder mail kapasitasnya akan terkurangi secara signifikan.

Selamat mencoba… 😀