Tulisan ini adalah kelanjutan dari tulisan sebelumnya, website like this  Membuat Project Baru Pada App Inventor.

Sebelum melangkah ke tahap berikutnya, patient yaitu memberi event pada komponen, prescription ada baiknya kita mengetest terlebih dahulu, apakah desain aplikasi yang telah kita buat bisa dijalankan pada perangkat HP android kita?

Untuk melakukan uji coba ini, kita perlu menghubungkan project (pada komputer) yang telah kita buat dengan perangkat HP android kita. Ada 3 cara yang bisa kita lakukan untuk ini, yaitu:

1. Melalui AI Companion, dengan cara menghubungkan perangkat komputer dan HP melalui koneksi Wi-Fi

2. Melalui Emulator atau simulasi perangkat HP android

3. Melalui kabel USB

Saat ini saya ingin menguji menggunakan cara 1, yaitu melalui AI Companion, yang menurut saya lebih mudah, asalkan kedua perangkat tersebut terhubung pada wi-fi dalam satu jaringan.

Ok..langsung aja ya..

Hal yang perlu disiapkan adalah :

  • Sebuah aplikasi bernama MIT AI2 Companion pada HP android anda. Jika belum ada, silahkan mendownload terlebih dahulu melalui Play Store dan menginstal-nya.
  • Setelah anda menginstalnya, maka shortcut MIT AI2 Companion akan tampil pada HP Android anda (gambar kiri) dan jika dijalankan akan terlihat seperti pada gambar kanan berikut.

Langkah berikutnya adalah:

1. Pastikan project “TalkToMero” yang telah dibuat sebelumnya sudah terbuka. Selanjutnya pilih menu Project > AI Companion.

Maka sebuah code akan tampil dan anda diminta untuk memasukkan code tersebut pada aplikasi MIT App Inventor 2 (di HP).

Jalankan MIT AI2 Companion pada HP Android anda dan masukkan code tersebut.

Atau anda bisa memilih tombol “Scan QR code” yang tampil pada HP android anda, dan lakukan scanning code pada layar monitor.

Jika kedua  perangkat telah terhubung, maka kotak dialog yang berisi code (pada layar monitor) tersebut akan hilang dan pada perangkat HP android anda akan tampil project aplikasi anda yang tampilannya sama persis dengan yang terlihat di layar monitor.

Selanjutnya anda bisa mencoba aplikasi anda dengan memasukkan teks pada kotak teks dan menekan tombol “ucapkan” supaya keluar suaranya.

Eiiiitsss… suaranya nggak bakal muncul / terdengar, kan kita belum memberi event pada komponen tombol??!! 🙂 Nah..supaya aplikasi yang kita buat dapat dijalankan sesuai dengan keinginan kita, maka kita harus mengaturnya pada Blocks viewer. Ikuti tulisan saya selanjutnya ya.. 🙂 Bekerja Pada Blocks Viewer App Inventor

Referensi:

http://appinventor.mit.edu/explore/ai2/tutorials.html

http://appinventor.mit.edu/explore/ai2/tutorials

http://appinventor.mit.edu/explore/sites/all/files/hourofcode/AppInventorTutorials.pdf