Sebelum membaca tulisan ini, saya sarankan anda untuk membaca terlebih dahulu tulisan saya sebelumnya, yaitu Baca Menguji Coba Project Pada HP Android dan Menginstal dan Menjalankan App Inventor Offline.

Jika anda kesulitan menggunakan Emulator untuk menguji coba project aplikasi anda, atau jika anda tidak bisa terkoneksi dengan wifi di lingkungan anda, maka anda dapat memanfaatkan Kabel USB. Caranya, dengan  menghubungkan project aplikasi pada browser dan HP android anda menggunakan kabel USB.

Cara ini menurut saya paling mudah dan murah, karena anda hanya perlu menyiapkan kabel USB bawaan HP android tanpa harus terkoneksi dengan wifi, di samping itu prosesnya juga lebih cepat dibandingkan dengan 2 cara lainnya (AI Companion dan Emulator).

Koneksi HP android dengan App Inventor pada browser menggunakan kable USB membutuhkan pengaturan khusus dan instalasi driver pada perangkat HP anda. Jadi, jika anda belum melakukan instalasi HP android anda pada komputer anda, maka anda tidak bisa menggunakan Kabel USB untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut.

But don’t worry.. If you don’t have any android drivers, you can ask uncle Google, or if you are the user of Lenovo s920 – just like me.. :), you can download the driver here then follow the instructions here.

Well, langsung aja yah.. berikut yang harus anda lakukan untuk menghubungkan project anda dengan HP Android :

1. Instal-lah Software App Inventor Setup. Jika anda telah menginstal program ini, silahkan dilewati aja. Jika belum, unduhlah di sini dan install-lah. Pastikan instalasi berhasil dengan melihat apakah pada desktop anda terdapat icon aiStarter seperti gambar berikut:

Selanjutnya, double klik icon tersebut untuk mengaktifkannya.

As I told you on my previous tutorial that  aiStarter is needed when we want to use Emulator or USB cable to test our app project.. Anda masih ingat ‘kan??? 😀 So you must ensure this program is running well when you get started to App Inventor.

2. Download dan install-lah MIT AI2 Companion App pada HP anda. Instalasi aplikasi MIT AI2 Companion ini hanya dilakukan sekali saja dan anda dapat menggunakan kapan pun anda menjalankan App Inventor.

Note: Jika anda menggunakan App Inventor versi offline (AI2LiveComplete), pada folder AI2LiveComplete telah disertakan pula App MIT AI2 Companion yang sesuai dengan versi App Inventor-nya. Sehingga untuk App Inventor offline disarankan untuk menggunakan App MIT AI2 Companion bawaan AI2LiveComplete ini.

But if you use online App Inventor, you have to download the latest version of MIT AI2 Companion App from Play Store. Udah tahu caranya ‘kan? Baca tulisan saya Memulai App Inventor Versi Online.

3. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada HP Android anda. Ikuti langkah berikut:

  • Bukalah pengaturan (setting) HP Anda, pilih System Settings > Developer Options, dan beri pilihan pada:

Jika anda pengguna Android 3.2 ke bawah, maka pengaturan bisa dilakukan pada Settings > Applications > Development. Sedangkan untuk Android versi 4.0 ke atas, bisa dilihat di  Settings > Developer options (seperti terlihat pada gambar di atas).

  • Selanjutnya, hubungkan komputer dengan HP Android anda. Pastikan HP anda terkoneksi sebagai “USB Storage” bukan “Media Device”.

4.  Now..here we go.. it’s time to test! Just open your project and select Connect > USB dan jalankanApp MIT AI2 Companion pada HP anda. Maka pada layar monitor akan tampil kotak dialog Connecting USB Cable berikut..

Dan pada HP anda akan terlihat seperti berikut:

Jika koneksi berhasil, maka pada HP anda akan terlihat tampilan project aplikasi yang sama dengan yang ada pada komputer anda..

Selamat mencoba 😀

Referensi:

http://appinventor.mit.edu/explore/ai2/setup-device-usb.html

http://appinventor.mit.edu/explore/ai2/windows.html