Tulisan kali ini sebenarnya sebagai dokumentasi pribadi saja. Namun, jika ternyata tulisan ini bermanfaat bagi teman-teman guru yang membutuhkan, ya.. alhamdulillah.

Sebenarnya banyak software yang bisa digunakan untuk membuat HP android kita menjadi remote control yang bisa mengendalikan objek yang ada pada laptop kita, dan sudah banyak pula blogger IT yang menuliskan tutorialnya. Namun saya tertarik menggunakan software ini karena menurut saya software ini menawarkan lebih dari software yang lain, tak hanya menggantikan mouse, tetapi juga keyboard.. pun setahu saya belum ada yang menuliskan tutorialnya.

Mouse & Keyboard Remote adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengendalikan mouse dan keyboard laptop/PC kita dengan menggunakan jaringan wi-fi. Kita bisa mendownload aplikasi ini melalui Play Store kemudian memasangnya pada HP android kita. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa mengendalikan mouse laptop, persis seperti kita menoperasikan touchpad laptop kita. Di samping itu, kita juga dapat mengendalikan keyboard laptop dengan mengetik, menjalankan aplikasi, bahkan mematikan komputer menggunakan aplikasi ini.

Anda tertarik? Yuk.. kita mulai!

Setidaknya ada 2 langkah yang harus kita lakukan:

  1. Menginstal aplikasi Mouse & Keyboard Remote ke dalam HP android, silahkan download di play store
  2. Menginstal software Remote Control Server pada laptop kita, silahkan download di sini.

Setelah kedua software tersebut terinstal, maka pastikan kedua perangkat tersebut saling terhubung (menggunakan jaringan wi-fi). Selanjutnya ikuti langkah berikut:

1. Jalankan Remote Control Server dengan mengeklik ikon yang ada di desktop.

Maka akan tampil :

Catatlah IP Address dari PC/Laptop anda tersebut. IP Address ini nantinya akan ditanyakan saat kita akan melakukan koneksi HP dengan laptop.

2. Jalankan Remote Input (Mouse & Keyboard Remote) yang ada di HP. Maka akan tampil:

3. Selanjutnya tambahkan perangkat baru (yaitu laptop anda) dengan cara memilih Devices (Add or manage devices) dan mengisikan Nama Perangkat dan Alamatnya (IP Address) dan klik tombol + .

Maka tombol + akan berubah menjadi tanda centang (checklist). Tunggu sebentar.. sampai kedua perangkat (Laptop dan HP) terhubung.

4. Apabila kedua perangkat telah terhubung, maka kita bisa memulai menggunakan HP untuk mengendalikan laptop kita. Untuk memulainya, klik pada bagian Remotes (Start controlling a device).

5. Selanjutnya pada pilihan berikut:

  • Pilih Mouse, jika kita ingin mengendalikan laptop dengan menggunakan mouse.
  • Pilih Keyboard, jika kita ingin mengendalikan laptop dengan menggunakan keyboard

Kedua pilihan tersebut memiliki fungsi yang sama persis dengan fungsi mouse dan keyboard pada laptop kita. Berikut tampilan Remote keyboard dan mouse:

Note!

Anda bisa mengeksplorasi pengaturan berikut untuk menambah performa fungsionalitas remote HP anda.

Mudah ‘kan? Selamat mencobaaaa… 😉