Masih ingat dengan acara Hack the Classroom (HTC) yang dihelat di BPMTP tahun 2016 lalu?

Tahun ini event serupa diadakan kembali oleh Microsoft, namun dengan teknis yang agak berbeda. Jika tahun sebelumnya Hack the Classroom diadakan dalam satu kali kegiatan di BPMTP, maka tahun ini HTC dilaksanakan dalam dua kali kegiatan di masing-masing sekolah peserta HTC. Pelaksanaan HTC diawali dengan tahap Sosialisasi/pelatihan office 365 yang dilaksanakan secara offline, kemudian dilanjutkan dengan Hack the Classroom secara live/online bersama para peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Para Peserta Pelatihan Office 365

Pelatihan office 365 gawangi oleh Microsoft Innovative Educator Expert (MIEE) dari Jombang, yaitu Teguh Basuki, S.Pd. selaku guru SDN Kedungrejo Jombang, Austin Fascal Iskandar sebagai narasumber tamu dari Universitas Negeri Malang dan saya sendiri. Para guru peserta pelatihan ini nantinya yang akan berpartisipasi pada acara puncak HTC yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 8 November 2018. Melalui pelatihan ini diharapkan para guru dapat mengikuti kegiatan Hack the Classroom yang dengan lancar, karena mereka telah mengerti teknologi Microsoft untuk pembelajaran di kelas.

Bpk. Teguh Basuki Wibowo, S.Pd. menyampaikan materi Sway

Pelatihan office 365 dilaksanakan hari Minggu (4/11) dan diikuti oleh sekitar 53 orang guru dari berbagai jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK sederajat. Pelatihan ini setara dengan 32 JP dimana pelaksanaan pelatihan dibagi menjadi 2 tahapan, yaitu offline dan online. Materi yang diterima oleh peserta pelatihan offline adalah Pengenalan Office 365, Outlook, Form, Sway, Onenote dan Onenote Classnote Book. Sedangkan pelatihan online dilakukan dengan cara mengakses portal Microsoft Educator Community dan mengikuti kursus online serta mengerjakan kuis yang tersedia di portal tersebut.

Austin Fascal menyampaikan materi onedrive dan outlook

Dengan menggunakan akun 0365 yang telah diberikan oleh panitia secara gratis melalui domain guruinovatif.com, peserta mengakses portal MEC dan mempelajari materi yang terdiri atas:

  1. Microsoft Educator Community (EMC)
  2. Introduction to Sway
  3. Teacher Academy: Office 365
  4. Teacher Academy: Onenote, The Ultimate Collaboration Tool
  5. Teacher Academy: Windows 10
  6. dan materi lain untuk mencapai total point 7500

Antusiasme para peserta pelatihan office 365

Total point 7500 dibutuhkan oleh peserta agar dapat menyelesaikan pelatihan level 100 yang menjadi syarat untuk bisa menjadi Microsoft Innovative Educator (MIE). Semua kegiatan kursus online tersebut dilaporkan pada media Onenote Class Notebook yang telah disiapkan oleh panitia untuk mendapatkan sertifikat pelatihan yang setara dengan 32 jp.

Laporan Online Peserta Pelatihan melalui OneNote Class NoteBook

Pengenalan Office 365

Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan office 365 yang diadakan secara gratis ini. Kesuksesan acara ini tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh Pimpinan SMK Negeri 3 Jombang dalam hal ini kepala sekolah Bpk. Gatot Wachid Widharto, M.M.Pd. dan siswa-siswi Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 3 Jombang, yaitu Asfian, Bela, Rian, Fitra dan Adelia yang dengan sigap mendampingi guru dalam belajar office 365.

Panitia dari Siswa Teknik Komputer Jaringan (dari kiri: Asfian, Fitra, Rian)

Tindak lanjut dari pelatihan ini, diharapkan peserta dapat menerapkan tools pembelajaran yang terdapat pada office 365 untuk proses pembelajaran di kelas. Peserta juga diharapkan dapat berlangganan office 365 for education secara gratis, sehingga ilmu yang telah diperoleh melalui pelatihan ini dapat bermanfaat.