Hack The Classroom (HTC) Indonesia-Surabaya

Mengadopsi dari Hack The Classroom (HTC) Global yang diadakan secara rutin oleh Microsoft, maka pada akhir Bulan September 2016, Microsoft Indonesia mengadakan #HackTheClassroom yang dilaksanakan secara serentak di 4 Kota Besar, yaitu Jakarta, Jogjakarta, Surabaya dan Semarang. Acara ini dilaksanakan secara live streaming dan diikuti lebih dari 500 orang Guru Indonesia dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK.

Para peserta Hack The Classroom Surabaya

Acara ini dilaksanakan tidak lebih dari 4 jam yang terdiri atas 3 sesi, yaitu Bincang Edukasi, Learning Challenge dan Skype-a-Thon. 

Sesi Bincang Edukasi dipandu oleh Microsoft Teacher Ambassador Rima Artha Manurung dengan narasumber yang berasal dari para praktisi IT (Ibu Paulina Panne, selaku staff ahli bidang akademik Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Bpk. Benny Kusuma selaku Education Lead PT. Microsoft Indonesia dan Ibu Saara Suaib, selaku Microsoft Innovative Educator (MIE) – Guru Bahasa Inggris SMAI Al Azhar 18 Jakarta.

Para Narasumber Hack The Classroom Indonesia – Jakarta

Pada sesi ini, para peserta diajak untuk mengikuti talk show tentang pentingnya menyatukan rencana kegiatan pembelajaran dan penerapan teknologi tepat guna dalam pembelajaran di kelas. Talk Show diadakan di auditorium Microsoft Indonesia, Bursa Efek Jakarta Tower 2 Lantai 18 dan diikuti oleh sekitar 100 orang guru dari Jabodetabek.

Para peserta Hack The Classroom Semarang

Sedangkan guru-guru lainnya yang berada di Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya mengikuti sesi ini secara live melalui Skype, didampingi oleh Microsoft Innovative Educator (MIE). Saya sendiri mendampingi peserta Surabaya di BPMTV (Balai Pengembangan Media Televisi) Sidoarjo bersama MIE lainnya, yaitu Neny Else, Puji Lestari, Andri Pradhana dan Anastasia Moertodjo.

Para Microsoft Innovatie Educators (MIE) Surabaya

Pada sesi ini, Ibu Saara Suaib menceritakan pengalaman menggunakan teknologi dalam kegiatan pembelajaran sekaligus penerapan pola pembelajaran abad 21 di kelas Bahasa Inggrisnya. Para peserta dari kota lain juga bisa langsung berdialog dengan narasumber secara on-air selama 30 menit.

Para Narasumber Hack The Classroom Indonesia – Jakarta

Sesi Learning Challange, para peserta dikelompokkan dalam beberapa grup dan berdiskusi bersama untuk menciptakan inovasi dan solusi terhadap berbagai problem yang dialami ketika pembelajaran di kelas. Pada sesi ini peserta dituntut untuk dapat membuat ide-ide baru untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan memanfaatkan teknologi. Sesi ini berlangsung secara off-air selama 60 menit.

Learning Challenge HTC-Surabaya

Sesi terakhir adalah Skype-a-Thon, yang mana pada sesi ini telah terpilih kelompok terbaik dari masing-masing daerah yang akan berbagi ide kreatif dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran yang telah didiskusikan selama kegiatan Learning Activites. 

Pemilihan hasil diskusi terbaik oleh para MIE-Surabaya

Satu kelompok dari setiap kota akan membagikan hasil diskusinya untuk menginspirasi peserta lainnya dan melakukan tanya jawab dengan peserta di kota lain, sehingga tercipta ide-ide baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Presentasi grup terbaik dari Surabaya

Selain ketiga rangkaian kegiatan di atas, para MIE juga mengenalkan Portal Microsoft Educator Community kepada peserta HTC agar bergabung dengan komunitas pendidik se-dunia, melakukan kolaborasi dalam pembelajaran, bertukar pengalaman, berbagi konten pembelajaran dan penggunaan teknologi secara tepat pada kelas yang diampunya serta aktivitas peningkatan kemampuan dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran dengan mengakses berbagai jenis course dan resource yang disediakan di portal https://education.microsoft.com/

Semua peserta yang mengikuti acara ini mendapatkan sertifikat dari Microsoft Indonesia, sedangkan untuk kelompok peserta terbaik mendapatkan tambahan souvenir cantik dari Microsoft 😉

Salah satu peserta mendapatkan souvenir dari Microsoft

Hack the Classroom merupakan suatu rangkaian kegiatan online live event bagi para guru dalam upaya mentransformasi pendidikan di abad 21 dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Semoga Hack The Classroom Indonesia dapat dilaksanakan kembali tahun depan sehingga semakin banyak guru-guru Indonesia yang terinspirasi dan merasakan manfaat dari kegiatan ini. Amin

Para MIE-Jakarta dan Tim Microsoft Indonesia