Moodle: Mengatur Tampilan Resource/Activity Berdasarkan Kriteria

Terkadang kita menginginkan sebuah resource (bahan ajar) atau aktivitas (quiz/assignment dan seterusnya) tampil pada halaman course hanya jika siswa telah memenuhi persyaratan yang kita berikan. Misalnya, Siti hanya bisa mengakses tugas jika dia telah selesai membaca modul 1. Selanjutnya dia bisa mengakses forum diskusi, jika sudah menyelesaikan tugasnya. Terakhir dia bisa mengikuti kuis, jika telah mengikuti forum diskusi.

Untuk dapat melakukan pengaturan aktivitas berjenjang seperti di atas, anda terlebih dahulu harus melakukan pengaturan pada moodle anda dengan mengaktifkan module conditional access dan completion tracking, dengan cara memberi tanda centang (checklist) pada pilihan berikut:

  • Site administration > Advanced features > Enable completion tracking
  • Site administration > Advanced features > Enable conditional access

Selanjutnya lakukan pengaturan course anda dengan cara :

  • Settings > Course administration > Student progress
  • Pilih “Enabled, control via (course) completion and activity settings”

Nah, setelah itu anda baru bisa melakukan pengaturan pada resource dan aktivitas yang akan diberikan pada siswa dengan kondisi seperti di atas.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Task 1, siswa diharuskan membaca terlebih dahulu modul 1 (resource>page). Maka lakukan pengaturan pada modul 1 tersebut:

  • Task 2, tugas bisa dikerjakan jika modul 1 sudah dibaca (minimal pernah dilihat). Maka lakukan pengaturan pada tugas (Activity>Assignment) berikut:

  • Task 3, Forum diskusi akan aktif, jika tugas sudah dikerjakan (dinilai oleh guru). Maka lakukan pengaturan pada forum seperti pada task 2, kemudian lanjutkan dengan mengatur:

  •  Task 4, Quiz akan aktif, jika semua resource dan aktivitas di atas telah dikerjakan dan dinilai oleh guru. Maka lakukan pengaturan yang sama pada Aktivitas Quiz, seperti pada task sebelumnya.

Hasil akhir dari pengaturan di atas dapat dilihat sebagai berikut:

Semoga bermanfaat 😀

Referensi:

http://moodle.org

You may also like...