Ini adalah kesempatan kedua saya keluar Pulau Jawa dan bertemu dengan guru-guru yang akan mengembangkan elearning di sekolah sekaligus jalan-jalan (kuliner) menikmati pulau Sulawesi Selatan, tepatnya di Maros ­čÖé

Teman saya Bpk H. Muhammad Risal mengundang saya untuk menjadi narasumber pada kegiatan “Diseminasi Pengembangan IT Bagi Guru SMA” Kabupaten Maros di SMAN 3 Maros. Beliau adalah┬ásalah satu fasilitator dan pengembang konten pembelajaran Direktorat SMA (PSB-PSMA). Kegiatan ini sekaligus merupakan kegiatan diseminasi pengembangan elearning yang telah diterima oleh beberapa guru┬ádi Bali.

Bersama para peserta workshop

Berada di Kota Maros dan bertemu dengan teman-teman yang sebelumnya hanya bisa saya temui melalui Facebook, membawa kesan tersendiri. Terlebih suasana kekerabatan yang kental dengan bersilaturrahim bersama keluarga Bpk. Risal dan teman-teman panitia membuat saya merasa berada di rumah sendiri. Selama hampir 2 hari saya berada di kota ini banyak pengalaman yang saya dapatkan, seperti belajar dari kehidupan sosial dan kondisi lingkungan kota ini. Sangat menyenangkan!!

Bersama ibu – ibu, menikmati makanan di kawasan wisata

Para guru pun sangat antusias mempelajari materi moodle, mulai dari instalasi, memasukkan akun user, membuat category dan course, memasukkan konten bahan ajar, membuat kuis dan mengolah nilai.

Semua berjalan lancar dengan buku panduan Moodle 2 yang mereka miliki.

Terasa menyenangkan melihat buku moodle yang dicetak tahun 2012 oleh penerbit Genta Group Production ini bisa dinikmati dan bermanfaat bagi teman-teman di kota ini.

Menandatangi Buku Moodle – Permintaan peserta #BelagakArtis ­čśë

Saya jadi teringat 3 tahun yang lalu saat buku ini akan diterbitkan, dimana saat itu saya enggan menuliskannya karena alasan tertentu. Dan saat itu Bpk. Risal menjadi salah satu dari teman saya yang memotivasi saya untuk dapat mewujudkan buku ini. Dan setelah sekian lama, baru saat ini saya bisa bertemu dengan beliau dan keluarga. Alhamdulillah.. ­čÖé

Berwisata alam dengan Bpk H. Risal dan istri

Bersama Ny. Risal dan Bpk. Didik, saya juga menikmati kuliner dan keindahan alam Kota Maros setelah acara workshop selesai.

Kuliner bersama dengan keluarga para panitia

Berada di kota ini kita tidak boleh melewatkan kuliner Coto Makasar dan berbagai lalapan sambal dan ikan bakar. Hm.. mantap!!

Last but not least..adalah bernarsis ria di Pantai Losari dan Patung Sultan Hasanuddin..

Terima kasih Bapak H. Risal, Pak Didik dan teman-teman panitia lainnya atas semua jamuannya. Semoga lain waktu kita bisa bertemu kembali dalam┬ákegiatan yang lebih seru lagi.. ┬áAmin ­čśÇ