Menyambut dan mengerjakan Ujian Kompetensi Awal (UKA) seminggu yang lalu, click sedikit membuat hati saya gundah. Bukan karena saya belum siap menyambutnya, site atau pun karena saya belum mendapat bocoran soal dari teman-teman lain. Melainkan karena saya tidak mempunyai bayangan sama sekali tentang model pertanyaan yang nantinya akan ditanyakan.

Meski sudah mendapatkan kisi-kisi soal dari website resmi Sergur untuk Bidang Pelajaran Teknologi Komputer dan Informasi (berbeda dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi -TIK loh ya..), tetapi saya tetap belum yakin kalau soal yang akan ditanyakan sesuai dengan kisi-kisi yang meliputi semua kompetensi dari beberapa Jurusan (TKJ, Multimedia, dan RPL) serta kompetensi Pendagogik.

Melihat sekilas dari kisi-kisi yang ada, saya merasa tidak ada materi yang aneh pada Kompetensi Teknik Komputer Jaringan, Lha wong kisi-kisinya mirip dengan Silabus dengan materi yang biasa saya ajarkan pada anak-anak.

Saya berpikir, masak ya soalnya adalah pelajaran yang biasa kita ajarkan?? Pastilah terlalu mudah bagi guru yang akan mengerjakannya.

Sebab itulah saya tidak mempelajari materi sebagaimana yang ada di kisi-kisi. Terus terang, saya takut terjebak..!!

Yang saya pelajari justru Buku Tebal (saya lupa judulnya), pinjaman dari teman-teman yang sudah PLPG tahun sebelumnya.

Dengan pemahaman yang agak tertatih-tatih akibat kualitas otak yang  semakin menua.. Saya pun menghafal peraturan pemerintah, undang-undang tentang guru, assesment dan saudara-saudaranya,  dari buku tebal tersebut.

Keesokan harinya… menuju tempat test, tak lupa saya panjatkan doa, mudah2an UKA hari ini berjalan dengan lancar….selancar air kran di kamar mandi rumah saya 🙂

Sampai di ruang ujian, lha kok ya ndilalah.. dapat bangku paling depan, tepat depan pengawas. Padahal saya berhaharap dapat bangku belakang supaya bisa lirak-lirik dengan teman satu sekolah..he..he..

Setelah berkenalan dan bercengkrama dengan teman2 satu ruang (dari sekolah dan jurusan lain), kami pun yakin, materi soal yang akan ditanyakan adalah Materi soal Pengetahuan Umum, sebab peserta dalam ruangan ini adalah guru dari berbagai jurusan dan kompetensi yang berbeda.

Saya tidak yakin LPMP akan mau repot membuat banyak soal dengan Jenis yang berbeda dalam satu ruangan.

Dengan tenang saya sambut pengawas ruangan yang sudah membawa 7 tumpuk berkas soal. Tak lupa saya siapkan pensil, karet penghapus, Kartu Ujian, Format A1 dan KTP di bangku saya.

Sambil menunggu soal dibagikan, saya mengisi biodata pada Lembar Jawaban yang sudah dibagikan terlebih dahulu. Dan akhirnya, soal itupun ada di tangan saya.

Ternyata … eh ternyata, materi soal meliputi hampir semua materi yang ada pada kisi-kisi soal yang sudah saya download sebelumnya. Dan materi yang ditanyakan adalah semua materi dari berbagai Jurusan baik TKJ, Multimedia, RPL, Animasi dan Kelas X, XI, dan XII. Padahal Kompetensi saya Teknik Komputer dan Jaringan [525].

Jadi guru yang biasa mengajar Teknik Komputer Jaringan, tentu agak kesulitan mengerjakan soal yang berhubungan dengan MultiMedia (jika tidak punya pengalaman di bidang Multimedia). Begitu juga guru yang tidak biasa berkutat dengan Pemprograman (RPL), akan kesulitan mengerjakan Soal-soal yang berhubungan dengan pemprograman..

Lha terus…bagaimana dengan saya??? Jawab ya : Sammmaaaaaa….bingungnya!!!  🙁

Pengalaman mengajar TKJ 2 tahun lumayan banyak membantu, meski ada beberapa soal yang saya jawab menggunakan jurus analisa logika “kepantasan”, terutama pada soal yang berhubungan dengan hafalan seri kabel … hufh!!

Syukurlah saya punya pengalaman mengajar TIK selama lebih dari 10 tahun, sehingga cukup membantu dalam menjawab soal yang berhubungan dengan MultiMedia dan RPL.

Dan bel berbunyi, tanda waktu mengerjakan soal berakhir. Para peserta menyerahkan hasil ujian dengan lesu dan diam, tanpa keluh kesah. Tentu, tidak ada gunanya berkeluh kesah..karena hanya akan menunjukkan kekurangan kita..

Akhirnya, hanya satu kata yang terucap dari mulut para peserta UKA selesai meninggalkan ruangan ujian, yaitu PASRAH!!! Dan berharap mendapatkan yang terbaik.

Tanggal 18 Maret 2012, akan menjadi hari yang menggembirakan, bagi yang Lolos UKA. Bagi yang belum, harus nunggu setahu kedepan.

Yah, mudah2an semua yang ikut UKA di Kab Jombang Lulus dan siap menuju PLPG 2012. Amin..