Alhamdulillah saya masih diberi kesempatan untuk mengisi kembali blog ini.
Pada postingan ini, saya ingin berbagi pengalaman mengikuti pelatihan online yang dilaksanakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom).
Sejujurnya, ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti pelatihan online yang benar-benar saya ikuti sampai tuntas dan mendapatkan sertifikat pelatihan. Sebab biasanya saya agak malas-malasan kalau diminta ikut pelatihan online he..he.

Pada pelatihan ini saya cukup bersemangat mengikutinya, disamping karena penyelenggaranya adalah Pustekkom Kemdikbud, materi pelatihannya juga menarik, karena terkait dengan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. Sangat cocok untuk mengembangkan kompetensi pedagogik saya yang bisa dibilang.. masih minim 🙁
Sertifikatnya pun nggak sembarangan loh. Sertifikat pelatihan tingkat Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan durasi setara dengan 32 Jam! Sehingga sertifikat dari pelatihan ini bisa juga dipakai buat kenaikan angka kredit 😛

Sertifikat PembaTIK Level 1

Sebenarnya sih, niat awal saya mengikuti pelatihan ini karena pengendapat sertifikatnya saja, untuk persiapan kenaikan PAK (Penilaian Angka Kredit) ke III/D tahun depan 😀 Namun, semakin ke sini, saya merasa semakin keasyikan. Saya jadi terbawa arus semangat yang ditularkan oleh semua peserta pelatihan ini. Jujur, saya benar-benar menikmati prosesnya! Semua peserta berlomba-lomba untuk mengikuti pelatihan ini dengan baik, tak hanya karena ingin mendapatkan ilmunya, melainkan juga demi lulus dengan nilai yang memuaskan, dapat sertifikatnya dan bisa lolos ke level berikutnya.

Tampilan Aplikasi SimpaTIK

Informasi tentang pelaksanaan pelatihan/workshop ini saya peroleh dari portal Rumah Belajar Kemdikbud. Yah, sejak ikutan lomba MembaTIK pada akhir tahun 2017 lalu (baca juga Lomba MembaTIK Kemdikbud RI 2017), saya jadi lebih aktif mengunjungi ke portal Rumah Belajar Kemdikbud ini..hehe :D. Dari portal inilah saya mendapatkan banyak informasi terkait dengan pelatihan/workshop untuk guru dan informasi tentang lomba pembuatan media pembelajaran lainnya.

Portal Aplikasi SimpaTIK Kemdikbud

Registrasi dan pelatihan online juga dilaksanakan melalui portal Rumah Belajar, tepatnya melalui aplikasi SimpaTIK (Sistem Informasi Manajemen Pelatihan Berbasis TIK). Pelatihan online ini dikemas dalam bentuk “Bimbingan Teknik (BIMTEK) PembaTIK (Pengembangan Bahan Ajar TIK)” yang dibagi menjadi beberapa tahap (level) dan pelaksanaannya dikelompokkan berdasarkan region provinsi yang telah ditentukan oleh Pustekkom. Sehingga peserta yang akan mengikuti pelatihan dapat memilih daerah pelatihan yang sesuai dengan provinsi yang terdekat dengan daerah asalnya.
Misalnya, saya dari daerah Kabupaten Jombang, maka saya dapat mengikuti pelatihan pada Region Provinsi Jawa Timur. Begitu pula dengan daerah yang lain dari 34 provinsi di Indonesia.

Halaman Dashboard Pelatihan Saya – PembaTIK Level 1 SimpaTIK Pustekkom

Pelaksanaan pelatihan online dimoderasi oleh Duta Rumah Belajar dari masing-masing provinsi. Saya sendiri mengikuti pelatihan ini di Provinsi Jawa Timur yang dimoderasi oleh Ibu Rr. Martiningsih selaku Duta Rumah Belajar 2017 dari Provinsi Jawa Timur. Bimtek/pelatihan ini dilaksanakan secara bertahap dan terbagi menjadi 4 level, yaitu:

1. Bimtek Daring Level 1 (Literasi TIK) yang dilaksanakan mulai 04 March 2018 s/d 06 April 2018.
Pada level ini, peserta mendapatkan modul untuk dipelajari secara mandiri dalam waktu 15 hari sejak registrasi, yaitu Modul Internet Sebagai Sumber Belajar dan Modul Pemanfaatan Jejaring Sosial untuk Pembelajaran.
Selanjutnya pada akhir pelaksanaan Bimtek Level 1 ini, dilaksanakan ujian sertifikasi untuk menentukan kelulusan peserta. Bagi peserta yang lulus ujian sertifikasi, maka peserta akan mendapatkan sertifikat Bimtek PembaTIK Level 1 dan berhak mengikuti Bimtek Daring Level 2. Pada level ini, terhitung sebanyak 2,734 peserta dari seluruh provinsi yang mengikuti Bimtek Daring level 1.

2. Bimtek Daring Level 2 (Implementasi TIK) yang dilaksanakan mulai 03 May – 21 May 2018.
Pada Bimtek level 2 ini, peserta mendapatkan materi tentang Perancangan Pembelajaran yang Terintegrasi dengan TIK, Pemanfaatan Rumah Belajar dan Tutorial Membuat Video Pembelajaran Sederhana.
Sama halnya dengan level 1, pada Bimtek Daring Level 2 ini, peserta juga diminta untuk turut aktif berdiskusi secara online bersama dengan peserta lain tentang topik yang diberikan dan dimoderasi oleh Duta Rumah Belajar. Keaktifan dalam forum diskusi pada portal SimpaTIK juga akan mendapatkan penilaian tersendiri dengan bobot 20%. Selain itu peserta juga mendapatkan tugas membuat video pembelajaran yang memanfaatkan TIK dan portal Rumah Belajar dengan bobot penilaian sebesar 50%.

Dan.. inilah hasil tugas video pembelajaran sederhana yang telah saya buat beberapa waktu yang lalu. Tidak terlalu bagus sih.. tapi cukuplah, mengingat terbatasnya waktu yang disediakan untuk pembuatan video tersebut, sehingga tidak banyak persiapan yang bisa dilakukan.. hehe.

Video proses pembelajaran yang memanfaatkan Portal Rumah Belajar

Video teman-teman yang lain juga bisa dilihat di sini.

Pada akhir pelatihan, peserta melaksanakan ujian sertifikasi Bimtek Daring level 2 (dengan bobot penilaian sebesar 30%) dan apabila lulus, maka peserta akan mendapatkan sertifikat Bimtek PembaTIK Level 2. Semua kegiatan ini dilakukan secara online dan 30 peserta akan berhak lanjut ke Bimtek Level 3.
Untuk bisa lulus level 2 ini, batas nilai ketuntasan minimumnya adalah 70. Terhitung sebanyak 241 peserta yang mengikuti Bimtek Daring level 2 ini.

3. Bimtek Tatap Muka Level 3 (Kreasi TIK) yang dilaksanakan mulai 11 Juli 2018 – 13 Juli 2018.

Sebenarnya banyak peserta yang lulus Bimtek Daring Level 2, namun tidak semua peserta yang lulus dapat mengikuti Bimtek level 3. Mungkin dikarenakan kuota yang terbatas, sehingga hanya 30 peserta saja yang berhak mengikuti Bimtek level 3 ini.

Pelaksanaan Bimtek Level 3 ini dilakukan secara tatap muka di ibu kota provinsi masing-masing dengan agenda peserta menyempurnakan bahan ajar yang telah dibuat sebelumnya. Banyak tugas yang harus diselesaikan oleh peserta Bimtek Level 3 selepas mengikuti pelatihan tatap muka ini. Apabila peserta lulus, maka peserta akan mendapatkan sertifikat Bimtek PembaTIK Level 3. Sayangnya, pada level ini hanya akan dipilih 1 orang saja peserta terbaik yang akan mengikuti ke Bimtek Level 4 di Jakarta 🙁

4. Bimtek Tatap Muka Level 4 (Lokakarya) dilaksanakan sekitar Bulan September 2018.
Peserta terbaik level 3 selanjutnya berhak mengikuti Bimtek level 4 (Lokakarya) yang diikuti oleh peserta terbaik Bimtek Level 3 dari seluruh provinsi. Pada Bimtek Level 4 ini, peserta melakukan presentasi hasil tugas yang diberikan pada Bimtek Level 3, di tingkat Nasional.
Peserta yang lolos ke level 4 ini sekaligus dikukuhkan sebagai Duta Rumah Belajar tingkat Provinsi dan akan mendapatkan sertifikat Level 4. Sedangkan peserta terbaik pada Bimtek Level 4 akan dikukuhkan sebagai Duta Rumah Belajar Tingkat Nasional.

Sekedar informasi, bahwa sebenarnya pelatihan online melalui portal SimpaTIK ini merupakan sarana bagi Pustekkom Kemdikbud untuk menyeleksi Duta Rumah Belajar 2018. Duta Rumah Belajar merupakan perpanjangan tangan dari Pustekkom Kemendikbud dalam melakukan sosialisasi pemanfaatan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di masing-masing provinsi. Sedangkan tahapan pelaksanaan pemilihan Duta Rumah Belajar dilakukan melalui program PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) ini yang meliputi Bimtek 4 level di atas.

Portal Aplikasi SimpaTIK Kemdikbud

Lagi-lagi, saya sangat terkesan dengan model alur pelatihan blended learning yang dilaksanakan oleh Pustekkom ini. Jika biasanya pelatihan model (IN-ON) dilaksanakan dengan tatap muka terlebih dahulu, selanjutnya baru pengerjaan tugas secara online, maka pada Bimtek PembaTIK tidak demikian. Jadi hanya peserta yang telah memenuhi kualifikasi yang ditentukan pada setiap levelnya yang berhak ikut pelatihan tatap muka.

Konsep gamification yang diterapkan dalam pelatihan ini juga membuat pelaksanaan pelatihan online ini menjadi cukup seru, dimana proses pelatihan dilaksanakan bertahap (level) dan peserta didorong belajar secara mandiri untuk mendapatkan reward berupa nilai (point) dan sertifikat penghargaan supaya bisa lanjut ke level berikutnya.

Dari sisi penyelenggara pelatihan, konsep pelatihan seperti ini juga cukup banyak menghemat waktu, tenaga dan biaya serta memudahkan panitia dalam mencari peserta terbaik pada setiap levelnya. Tentu saja, hal ini berpengaruh juga pada proses penyampaian materi saat bimtek tatap muka (level 3), karena rata-rata peserta telah memenuhi semua kualifikasi yang diinginkan panitia/narasumber, sehingga proses penyampaian materi menjadi lebih mudah dan lancar. Hal ini saya rasakan saat mengikuti Bimtek Level 3 di Surabaya tanggal 11 – 13 Juli 2018 kemarin.

Oh ya, pelaksanaan Bimtek Level 3 di Surabaya akan saya tuliskan pada postingan tersendiri (baca Bimtek PembaTIK Level 3 JATIM). Kebetulan saya termasuk salah satu peserta yang berhasil lolos mengikuti Bimtek Level 3.  Alhamdulillah..:)

Makasih ya.. udah berkunjung ke blog saya.. 😛 Semoga pengalaman ini bermanfaat buat teman-teman guru semua.

Referensi:

Pelatihan saya, http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/