Experience is really the best teacher (pengalaman adalah –benar2- guru yang terbaik), more about itulah pelajaran yang dapat saya ambil dari pengalaman menghadapi serbuan spam yang menyerang blog  saya minggu ini.  Jadi mohon maaf bagi anda penikmat blog  saya ;), generic jadi agak terganggu karena blog ini off untuk  beberapa hari. Tapi percayalah, InsyaAllah blog ini sekarang sudah aman dari gangguan spam….karena saya telah minum obat anti spam..he..he..
Maksud saya , saya telah mengaktifkan plugin bawaan WordPress Akismet. Sebelumnya saya tidak mengindahkan plugin ini, karena tidak tahu kegunaannya, tapi setelah saya terjungkir akibat serangan Spam (maksud saya, Blog saya..he..he) saya baru sadar betapa pentingnya Plugin tersebut.
Yah, Akismet adalah Plugin bawaan WordPress yang berguna untuk mencegah blog dari serbuah Spam wa akhowatuhu… 😛 . Untuk mengaktifkan plugin ini, terlebih dahulu Anda harus memasukkan kode API dari plugin tersebut. Jika Anda tidak mempunyai Kode tersebut, Anda bisa mendapatkannya dengan membuat account baru di WP, kemudian ikuti langkah berikut :

1. Pada Dashboard Anda pilih menu User, My Profile . Maka akan tampil :

2. Pada tampilan di atas, Kliklah API Key and Other Personal Settings? Maka akan tampil

Klik Get your API Key direct from Akismet now

3. Selanjutnya pada tampilan berikut Pilihlah SignUp pada bagian paling kanan (Untuk mendapatkan Kode API yang gratis)

4. Isilah formulir isian berikut :

Pada bagian kanan, geserlah slide bar ke arah pojok paling kiri. Maka Anda akan mendapatkan kode API gratis. Maka akan muncul tampilan berikut :

Tampilan di atas menandai bahwa Anda telah berhasil mendapatkan Kode API secara gratis. Sekarang bukalah e-mail Anda untuk mengcopy kode tersebut dan Aktifkan Plugin Akismet Anda dengan memasukkan kode API tersebut.
Pasti Anda sudah tahu bagaimana cara mengaktifkan Plugin tersebut, jadi saya tidak akan menjelaskan secara detail. Bagi yang belum, Kapan-kapan saya buatkan tutorial dech.. 😛
Ayo, segera aktifkan plugin Akismet Anda…dan Anda akan terbebas dari Spam yang mengganggu…