Terima kasih, Anda telah menjadikan Blog ini sebagai pilihan untuk mengupgrade pengetahuan Anda. Satu lagi alternatif CMS yang bisa anda pilih untuk membuat Blog pribadi Anda. WordPress! Ya..WordPress adalah Salah satu CMS yang menurut saya bagus digunakan bagi Pemula sebelum melangkah ke CMS yang lain seperti Joomla, Moodle dal lain-lain. Kenapa WordPress?
Karena, menurut saya, WordPress┬á tidak begitu sulit dipelajari bagi pemula dan tidak terlalu mudah bagi yang sudah bisa.. ­čśë
Untuk membuat Blog dari WordPress, anda bisa langsung mendaftar secara Online pada situs http://wordpress.com. Jika anda sudah berhasil mendaftar, Anda akan diberi otoritas untuk mengelola blog anda melalui Dashboard WordPress. Namun anda juga bisa menginstal WordPress secara offline di komputer anda, sehingga bisa belajar WordPress (offline). WordPress offline memiliki tampilan yang sama persis dengan WordPress Online. Hal ini sangat berguna ketika anda ingin mencoba hal-hal baru (seperti mengelola tampilan WP anda dengan menyisipkan script-script tertentu pada file-file bawaan wordpress) tanpa mengganggu Blog anda yang sudah Online.

Sebelum menginstall WP offline, pastikan anda sudah mendownload wordpress-3.2.zip (ini adalah versi terbaru ketika saya menulis tutorial ini) dan menginstal XAMPP pada komputer anda (Baca tutorial INSTALASI XAMPP-win32-1.7.3 DI WINDOWS 7 (Seri Belajar Joomla -1)). Selanjutnya buatlah Database untuk menyimpan data-data WP offline Anda (Baca tutorial saya MEMBUAT DATABASE MySql di phpMyAdmin (Seri Belajar Joomla -2)). Kali ini saya menggunakan Database wp_data.
Jika sudah, ikuti langkah instalasi berikut :

1. Extract-lah file WordPress 3.2.zip tersebut pada folder c:xampphtdocswordpress
2. Aktifkan Apache dan MySql dari XAMPP Control Panel.
3. Bukalah browser anda dan ketikkan http://localhost/wordpress pada address bar. Maka akan muncul :

 

 

 

3. Klik Create configuration file dan Let’s Go.

4. Tunggu sebentar, dan isi formulir berikut :

Pada isian :
Database : Isi dengan Database WordPress yang sudah Anda buat sebelumnya
Username : root
Password : Kosongkan (atau isi dengan password phpmyadmin)
Database host : Localhost (biarkan saja)
Table Prefix : wp_ (biarkan saja)
Klik Submit

 

 

Maka akan muncul :

Klik Run the Install dan jika berhasil maka akan tampil

Isikan formulir di atas dan Klik Install WordPress. Jika berhasil akan tampil halaman berikut :

KLik Login untuk masuk ke Dashboard WP anda.

Isikan Username dan password yang sudah anda buat sebelumnya. Dan inilah tampilan Dashboard WP Anda.

Tampilannya sama persis dengan dashboard WP anda yang Online.