Jawabnya Ya, case sebab kalau tidak, buy information pills anda pasti tidak akan membuka Halaman ini ;). Kecuali jika anda memang ingin  menambah pengetahuan anda dalam hal uprek2 PhpMyadmin.

Lupa password Admin, click adalah hal yang paling sering saya alami ketika mau login ke administrator/dashboard. Hal ini dikarenakan saya sering instal dan remove program untuk uji coba tutorial yang akan saya tulis dan setiap instalasi selalu gonta ganti password. Jadi yah, begini ini…

Ketika masa Jahiliyah dulu (bukan berarti sekarang saya udah expert loh ya..), kalau saya lupa password, biasanya saya menggunakan cara yang ekstrim. Biasanya programnya saya uninstall dan kemudian saya instal lagi. Hufh!! benar-benar merepotkan… 🙁 Anda juga gitu ya?? Berarti ….”PoDho!!!”  **culoboyo-junioL **

Nah, supaya anda tidak mengalami hal buruk seperti saya dulu, silahkan baca tutorial ini, dan jadikan pegangan seperti anda memegang setir Mobil anda… 😉

1. Masuklah ke PhpMyAdmin, jika anda menggunakan Localhost ketikkan pada address bar http://localhost/phpmyadmin atau jika anda menggunakan hosting (berbayar/tidak), masuklah ke CPanel anda dan Pilih PhpMyAdmin.

2. Selanjutnya, Pilihlah Database yang anda gunakan pada Program Web anda, misalnya DB_Wordpress atau DB_Joomla atau Moodle. Maka akan ditampilkan daftar Table pada database tersebut.

3. Carilah Table yang menyimpan data user dan Kliklah. Misalnya kalau di WordPress adalah Table wp_user, sedangkan kalau di Moodle Table mdl_user, kalau di Joomla Table jos_user.

4. Klik tombol Edit pada Daftar User yang ada. Misalnya, jika anda lupa password untuk user login : Admin, maka Kliklah Edit pada user login tersebut.

Maka akan tampil :

Pada Field (Kolom) user_pass, gantilah Function menjadi MD5, dan pada bagian Value, hapuslah password lama yang sudah ter-encrypt dengan password baru anda.

5. Klik tombol Go.

6. Selesai! Loginlah kembali dengan user login anda dan isilah passwordnya dengan password baru anda.

Selamat mencoba 🙂

http://youtu.be/tTF9Iip35bQ